STRATEGI PEMASARAN DIGITAL PRODUK BEAUTY CARE: STUDI TENTANG KEWIRAUSAHAAN PADA PEBISNIS ONLINE DI INSTAGRAM DAN TIKTOK

RIZKY FEBRILIA ANINDYA PUTRI, . (2023) STRATEGI PEMASARAN DIGITAL PRODUK BEAUTY CARE: STUDI TENTANG KEWIRAUSAHAAN PADA PEBISNIS ONLINE DI INSTAGRAM DAN TIKTOK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (720kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (471kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy

Abstract

Rizky Febrilia Anindya Putri, Strategi Pemasaran Digital Produk Beauty Care: Studi Tentang Kewirausahaan Pada Pebisnis Online di Instagram dan Tiktok. Skripsi, Jakarta: Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2023. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan upaya strategi pemasaran digital produk beauty care di media sosial Instagram dan TikTok di era ekonomi globalisasi. Pemanfaatan media sosial untuk berbisnis online membentuk jaringan sosial yang penting bagi para pebisnis online, terutama dalam industri kecantikan. Selanjutanya akan memaparkan hubungan sosial yang terjalin dalam kewirausahaan pebisnis online berdasarkan keterlekatan yang terjalin antara pebisnis online dan pihak-pihak lain. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari enam informan utama yaitu para pebisnis online pengguna Instagram dan TikTok. Selain itu, terdapat seorang karyawan dari pebisnis online yang menjadi subjek untuk mendukung penelitian ini. Penelitian ini dilakukan dengan wawancara langsung di rumah pebisnis online daerah DKI Jakarta dan melakukan wawancara melalui aplikasi whatsapp. Penelitian ini dilakukan pada Oktober 2022 hingga Juli 2023. Penelitian ditinjau dari konsep pebisnis online sebagai wirausaha, pemasaran digital dalam kewirausahaan dan teori keterlekatan dari Granovetter. Berdasarkan hasil temuan yang didapatkan dalam penelitian ini, dapat dijelaskan bahwa kehadiran pebisnis online dalam bidang beauty care di media sosial berawal dari pandemi Covid-19 yang menunjukan tingginya jumlah penggunaan media sosial sebagai pemasaran digital. Pembatasan aktivitas yang dilakukan oleh pemerintah membuat semua kegiatan beralih menjadi daring sehingga, hal ini membuka peluang baru untuk pebisnis online untuk memanfaatkan media sosial dalam menarik perhatian audiens terhadap produk yang dipasarkan. Dalam proses untuk memperoleh peluang tersebut, pebisnis online mengimplementasikan cara kerja (body of work) media sosial dengan strategi inovasi yang mereka miliki mulai dari pembuatan konten, pemilihan jenis foto, pemanfaatan siaran langsung, dan penggunaan Instagram story. Setelah pebisnis online memperoleh peluang dalam pengembangan konten-konten, mereka mengembangkan jaringan sosial dengan agen pusat, reseller, pembeli potensial dan follower. Pebisnis online menjalankan usahannya bukan hanya sekadar menjual produk melainkan memanfaatkan jaringan sosial ini dapat disebut sebagai self-employment entrepreneur. Kata Kunci: Pebisnis Online, Media Sosial, Keterlekatan Rizky Febrilia Anindya Putri, Digital Marketing Strategy for Beauty Care Products: A Study of Entrepreneurship in Online Businesses on Instagram and Tiktok. Thesis. Jakarta: Sociology Study Program, Faculty of Social Sciences, Jakarta State University, 2022. This study aims to explain digital marketing strategy efforts for beauty care products on social media Instagram and TikTok in the era of the globalization economy. The use of social media for online business forms an important social network for online businesses, especially in the beauty industry. Next, it will explain the social relations that exist in online business entrepreneurship based on the attachment that exists between online business people and other parties. This research uses a qualitative approach with descriptive methods. The data in this study were obtained through in-depth interviews, observation and documentation. The subjects in this study consisted of six main informants, namely online business people who use Instagram and TikTok. In addition, there is an employee from an online business who is the subject to support this research. This research was conducted by direct interviews at the homes of online businessmen in the DKI Jakarta area and conducting interviews via the whatsapp application. This research was conducted from October 2022 to July 2023. The research was reviewed from the concept of online businesses as entrepreneurs, digital marketing in entrepreneurship and the theory of attachment from Granovetter. Based on the findings obtained in this study, it can be explained that the presence of online businesses in the field of beauty care on social media originated from the Covid-19 pandemic which shows the high number of uses of social media as digital marketing. Restrictions on activities carried out by the government make all activities switch to online thus, this opens up new opportunities for online businesses to take advantage of social media in attracting audience attention to the products being marketed. In the process of obtaining these opportunities, online businesses implement a social media body of work with their innovative strategy starting from content creation, selecting photo types, utilizing live broadcasts, and using Instagram stories. After online businesses get opportunities in content development, they develop social networks with central agents, resellers, potential buyers and followers. Online business people run their business not just selling products but utilizing social networks. This can be called a self-employment entrepreneur. Keywords: Online Business, Social Media, Attachment

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Marista Christina Shally Kabelen, S.Fil, M.Hum. 2). Dr. Asep Suryana, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: Users 18370 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2023 03:50
Last Modified: 18 Aug 2023 03:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39129

Actions (login required)

View Item View Item