PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID TENTANG PRINSIP DASAR ANIMASI UNTUK KELAS XI MULTIMEDIA SMKN 40 JAKARTA DENGAN METODE LUTHER-SUTOPO

AKBAR DWIPANGGA, . (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID TENTANG PRINSIP DASAR ANIMASI UNTUK KELAS XI MULTIMEDIA SMKN 40 JAKARTA DENGAN METODE LUTHER-SUTOPO. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (735kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran yang baik, kreatif, dan menarik dapat meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran. Media pembelajaran yang baik juga dapat memudahkan pendidik dalam menyampaikan materi kepada peserta didik. Sayangnya pada materi Prinsip Dasar Animasi yang diampu pada kelas XI Multimedia SMKN 40 Jakarta, peserta didik kesulitan menerima dan memahami materi karena media pembelajaran yang kurang menarik dan cara penyampaian yang monoton oleh pendidik. Untuk mengatasi masalah tersebut, dilakukan pengembangan media pembelajaran berbentuk aplikasi berbasis Android untuk materi Prinsip Dasar Animasi menggunakan metode Luther-Sutopo yang menghasilkan sebuah aplikasi berbasis Android. Pengujian kelayakan produk dilakukan oleh ahli materi dengan tingkat kelayakan 100% dengan kategori kelayakan “Sangat Layak”, pengujian ahli media dengan tingkat kelayakan 98,7% dengan kategori kelayakan “Sangat Layak”, dan pengujian oleh responden dengan tingkat kelayakan 93,4% dengan kategori kelayakan “Sangat Layak”. Aplikasi berbasis Android yang dikembangkan dapat dinyatakan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk membantu peserta didik kelas XI Multimedia SMKN 40 Jakarta menerima dan memahami materi Prinsip Dasar Animasi. A good, creative, and interesting learning media can increase students’ interest in learning. A good learning media can also make easier for teacher to deliver material to students. Unfortunately, in the Basic Principles of Animation material in class XI Multimedia SMKN 40 Jakarta, students have difficulty accepting and understanding the material because the learning media is less attractive and the delivery is monotonous by teacher. To overcome this problem, the development of learning media in the form of Android-based applications for the Basic Principles of Animation material uses the Luther-Sutopo method which produces an Android-based application. Product feasibility testing was carried out by material experts with a feasibility level of 100% with the feasibility category "Very Eligible", testing by media experts with a feasibility level of 98.7% with the eligibility category "Very Eligible", and testing by respondents with a feasibility level of 93.4% with “Very Eligible” category of eligibility. The developed Android-based application can be stated to be very suitable for use as a learning media to help students class XI Multimedia SMKN 40 Jakarta receiving and understanding the Basic Principles of Animation material.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). M. Ficky Duskarnaen, S.T., M.Sc ; 2). Hamidillah Ajie, S.Si., M.T.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Users 18503 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2023 01:42
Last Modified: 21 Aug 2023 01:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39178

Actions (login required)

View Item View Item