ALIM RAMADHAN, . (2023) EVALUASI KEPUASAN PENGGUNA TRANSJAKARTA TERHADAP APLIKASI MOOVIT DENGAN MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (902kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (619kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (541kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (481kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (584kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (247kB) |
|
Text
LAMPIRAN_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Moovit merupakan aplikasi mobilitas yang membantu penggunanya dalam menggunakan transportasi umum, menurut data ulasan pada laman google play, penilaian pengguna di indonesia terhadap Moovit saat memasuki tahun 2021 hingga 2023 mengalami penurunan, oleh karena itu untuk menjaga kepuasan pengguna terhadap Moovit perlu dilakukan evaluasi kepuasan pengguna pada aplikasi Moovit. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat kepuasan pengguna terhadap aplikasi Moovit dan pengaruh tiap variabel pada metode EUCS terhadap kepuasan pengguna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode End User Computing Satisfaction dengan pendekatan kuantitatif, populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengguna transjakarta, jumlah sample yang digunakan adalah 97 responden, dan teknik yang digunakan untuk pengambilan sample adalah purposive sampling. Hasil dari penelitian ini adalah variabel Content, Accuracy, Format, Timeliness dan Ease of Use memberikan pengaruh secara simultan sebesar 81,6% terhadap User Satisfaction, secara parsial variabel Content, Accuracy, Format, Timeliness dan Ease of Use berpengaruh terhadap User Satisfaction, terdapat dua variabel yang memberikan kontribusi besar yaitu variabel Timeliness dan Accuracy. Pada pengukuran tingkat kepuasan didapatkan pengguna transjakarta sangat puas pada variabel Content, Format dan Timeliness, serta pengguna transjakarta merasa puas pada variabel Accuracy dan Ease of use, tetapi secara keseluruhan pengguna transjakarta puas pada aplikasi Moovit. ***** Moovit is a mobility application that helps its users with public transportation. According to user review data on the Google Play store, user ratings for Moovit in Indonesia experienced a decline from the year 2021 to 2023. Therefore, in order to maintain user satisfaction with Moovit, an evaluation of user satisfaction with the application is necessary. The objective of this research is to determine the level of user satisfaction with the Moovit application and the influence of each variable in the EUCS (End User Computing Satisfaction) method on user satisfaction. The method employed in this research is the End User Computing Satisfaction Method with a quantitative approach. The study's population consists of Transjakarta users, with a sample size of 97 respondents, selected using purposive sampling. The results of this research reveal that the variables Content, Accuracy, Format, Timeliness, and Ease of Use collectively contribute to 81.6% of User Satisfaction. Additionally, individually, the variables Content, Accuracy, Format, Timeliness, and Ease of Use significantly influence User Satisfaction. Among these variables, Timeliness and Accuracy make significant contributions to user satisfaction. The assessment of user satisfaction shows that Transjakarta users are highly satisfied with the Content, Format, and Timeliness variables, while they feel satisfied with the Accuracy and Ease of Use variables. Overall, Transjakarta users express satisfaction with the Moovit application.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Lipur Sugiyanta, S.T., M.Kom., Ph.D. ; 2). Ali Idrus, S.Kom., M.Kom. |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer |
Depositing User: | Users 18680 not found. |
Date Deposited: | 24 Aug 2023 00:57 |
Last Modified: | 24 Aug 2023 00:57 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39431 |
Actions (login required)
View Item |