KESIAPAN PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN BUILDING INFORMATION MODELLING (BIM) PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA DAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA

ADELLIA HASANAH PUTRI, . (2023) KESIAPAN PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN BUILDING INFORMATION MODELLING (BIM) PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA DAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (432kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (419kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi kesiapan penyelenggaraan pembelajaran Building Information Modelling (BIM) pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan di Universitas Negeri Jakarta dan Universitas Pendidikan Indonesia ditinjau dari fasilitas belajar BIM (Building Information Modelling), yaitu software, hardware, dan infrastruktur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data, yaitu observasi, survey, dan wawancara. Kegiatan observasi dilakukan untuk melihat secara langsung fasilitas belajar di laboratorium yang digunakan untuk pembelajaran BIM (Building Information Modelling), dan kegiatan survey dilakukan untuk mengetahui dukungan dari perguruan tinggi terhadap penyelenggaraan pembelajaran BIM (Building Information Modelling). Selain itu, kegiatan wawancara dilakukan sebagai data tambahan untuk memperkuat atau mengonfirmasi hasil data observasi dan survey. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dari Miles dan Huberman yang terdiri dari 3 tahap, yaitu pengumpulan data, penyajian data , dan penarikan kesimpulan. Selain itu untuk pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas (derajat kepercayaan) menggunakan triangulasi metode. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kesiapan pada keseluruhan indikator fasilitas belajar dari penyelenggaraan pembelajaran BIM (Building Information Modeling) pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan di Universitas Negeri Jakarta sudah bagus. Penyediaan software BIM, jumlah perangkat komputer, dan kondisi ruangan laboratorium sudah memadai untuk keperluan pembelajaran. Persentase kesiapan fasilitas belajar berada pada tingkat kesiapan sangat tinggi (Optimized) sebesar 83,3%. Selain itu, hasil penelitian pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan di Universitas Pendidikan Indonesia menunjukkan bahwa pada indikator software dan hardware kurang bagus dan tidak mendukung pembelajaran BIM. Hal tersebut dikarenakan belum terdapat penyediaan software BIM dan kurangnya spesifikasi perangkat komputer (hardware) di laboratorium gambar digital. Sedangkan untuk indikator infrastruktur pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan di Universitas Pendidikan Indonesia sudah sangat bagus dan kondisinya sesuai dengan keperluan pembelajaran BIM (Building Information Modeling) Persentase kesiapan fasilitas belajar berada pada tingkat kesiapan menengah (Defined) sebesar 50%. ***** This research aims to determine and identify the readiness of Building Information Modelling (BIM) learning implementation in the Building Engineering Education Program at Universitas Negeri Jakarta and Universitas Pendidikan Indonesia, based on BIM learning facilities, including software, hardware, and infrastructure. The study uses a qualitative descriptive method with data collection techniques, namely observation, survey, and interviews. Observations are conducted to directly assess the learning facilities in the laboratories used for BIM learning, while surveys are conducted to understand the support from the universities towards the implementation of BIM learning. Interviews are also conducted as additional data to strengthen or confirm the results of the observations and surveys. The data analysis technique used is descriptive analysis from Miles and Huberman, consisting of three stages: data collection, data presentation, and conclusion drawing. Additionally, data validity is examined using the credibility test (degree of trust) through triangulation method. The research findings indicate that the overall readiness of learning facilities for the implementation of BIM (Building Information Modeling) in the Building Engineering Education Program at Universitas Negeri Jakarta is good. The provision of BIM software, the number of computer devices, and the condition of the laboratory rooms are adequate for learning purposes. The percentage of readiness for learning facilities is at a very high level (Optimized) at 83.3%. On the other hand, the research findings for the Building Engineering Education Program at Universitas Pendidikan Indonesia indicate that the indicators for software and hardware are not good and do not support BIM learning. This is due to the lack of provision of BIM software and the insufficient specifications of computer devices (hardware) in the digital drawing laboratory. However, the infrastructure indicator for the Building Engineering Education Program at Universitas Pendidikan Indonesia is very good and suitable for BIM learning purposes. The percentage of

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Anisah, M.T. ; 2). Drs. Santoso Sri Handoyo, M.T.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum)
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Sipil
Teknologi dan Ilmu Terapan > Konstruksi Bangunan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 18691 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2023 05:59
Last Modified: 24 Aug 2023 05:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39454

Actions (login required)

View Item View Item