PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MODIFIED FREE INQUIRY (MFI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

AGUNG SATIYA BUDI, . (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MODIFIED FREE INQUIRY (MFI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (864kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (326kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan berpikir analisis peserta didik pada pembelajaran biologi perlu dikembangkan dan ditingkatkan. Model pembelajaran Modified Free Inquiry (MFI) membuat peserta didik aktif dalam pembelajaran, melatih cara berpikir peserta didik dengan pencarian dan penemuan sehingga pengetahuan sulit dilupakan, serta melatih kerjasama peserta didik dengan diskusi kelompok sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir analisis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mengukur dan menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran MFI terhadap kemampuan berpikir analisis peserta didik pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 di SMAN 93 Jakarta. Metode dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design, serta populasi penelitian adalah kelas X dan sampel yang digunakan berjumlah 60 peserta didik dengan masing-masing kelas berjumlah 30 peserta didik yang dipilih secara simple random sampling. Teknik analisis data menunjukkan gain score pada kedua kelas berdistribusi normal dan homogen serta uji hipotesis dengan uji t independent pada α = 0,05 menunjukkan signifikansi sebesar 0,021, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran MFI terhadap kemampuan berpikir analisis peserta didik pada materi pencemaran lingkungan. Penerapan model pembelajaran MFI dapat menjadi alternatif bagi guru untuk meningkatkan kemampuan berpikir analisis peserta didik, karena model ini mendorong keaktifan peserta didik dalam mengkonstruksikan ilmu pengetahuan sehingga menimbulkan pengalaman belajar yang bermakna. Students' analytical thinking skills in biology learning need to be developed and improved. The Modified Free Inquiry (MFI) learning model makes students active in learning, trains students' thinking with search and find so that knowledge is difficult to forget, and trains students' cooperation with group discussions so that it can improve students' analytical thinking skills. This research aims to determine, measure and analyze the effect of applying the MFI learning model on students' analytical thinking skills on environmental pollution material. This research was conducted in the even semester of the 2022/2023 school year at SMAN 93 Jakarta. The method in this study was a quasi-experiment with a pretest-posttest control group design, and the research population was class X and the sample used amounted to 60 students with each class totaling 30 students selected by simple random sampling. The data analysis technique shows the gain score in both classes is normally distributed and homogeneous and hypothesis testing with an independent t test at α = 0.05 obtained a significance of 0.021 which means that there is an effect of the MFI learning model on the analytical thinking ability of students on environmental pollution material. Implementation of the MFI learning model can be an alternative for teachers to improve students' analytical thinking skills, because this model encourages students' activeness in constructing knowledge so that it creates a meaningful learning experience.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Diana Vivanti Sigit, M.Si. ; 2). Dr. Mieke Miarsyah, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 18739 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2023 01:14
Last Modified: 24 Aug 2023 01:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39516

Actions (login required)

View Item View Item