PENGEMBANGAN E-MODUL MATA PELAJARAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN PERANCANGAN INTERIOR GEDUNG DENGAN CAD 2D DAN 3D DI SMK NEGERI 58 JAKARTA

RANGGA SHINTA RUBBY HUGO, . (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL MATA PELAJARAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN PERANCANGAN INTERIOR GEDUNG DENGAN CAD 2D DAN 3D DI SMK NEGERI 58 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (756kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (390kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (282kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung (APLPIG) merupakan salah satu mata pelajaran di kompetensi Desain Pemodelan Informasi Bangunan (DPIB) yang mempelajari tentang menggambar sebuah bangunan dengan menggunakan perangkat lunak komputer dan perancangan interior sebuah bangunan. Analsis penelitian kebutuhan dilakukan di kelas XI DPIB di SMK Negeri 58 Jakarta, rata-rata nilai tugas siswa pada kompetensi dasar yang membahas aplikasi perangkat lunak sebesar 72,75 (belum melampaui KKM sebesar 75). Bahan ajar yang digunakan merupakan modul, sehingga perlu dikembangkan menjadi e-modul. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul Mata Pelajaran APLPIG dengan CAD 2D dan 3D di SMK Negeri 58 Jakarta. Penelitan ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang memiliki lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner atau angket guna mengumpulkan data dan dilakukan uji validasi ahli oleh tiga ahli materi, dua ahli media, dan satu praktisi. Angket juga disebarkan kepada 63 pengguna untuk mendapatkan hasil survey kepuasan pengguna. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Hasil uji validitas mengenai media mendapatkan presentase sebesar 81,76% dengan kategori “Sangat Layak” dan hasil uji validitas mengenai materi dalam e-modul presentase sebesar 94,40% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil survey kepuasan pengguna memperoleh presentase 84,58% dengan kategori “Sangat Layak”. ***** Application Software and Building Interior Design (APLPIG) is one of the subjects in the Building Information Modeling Design (DPIB) competency that learns about drawing a building using computer software and designing the interior of a building. A needs research analysis was conducted in class XI DPIB at SMK Negeri 58 Jakarta, the average value of student assignments on basic competencies that discuss software applications was 72.75 (not exceeding the KKM of 75). The teaching material used is a module, so it needs to be developed into an e-module. This study aims to develop E-Modules for APLPIG Subjects with 2D and 3D CAD at SMK Negeri 58 Jakarta. This research uses the Research and Development (R&D) method with the ADDIE model which has five stages, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. This research uses research instruments in the form of questionnaires or questionnaires to collect data and expert validation tests are carried out by three material experts, two media experts, and one practitioner. Questionnaires were also distributed to 63 users to get user satisfaction survey results. The data analysis technique used in this research is descriptive quantitative. The results of the validity test regarding the media get a percentage of 81.76% with the category "Very Feasible" and the results of the validity test regarding the material in the e-module percentage of 94.40% with the category "Very Feasible". The results of the user satisfaction survey obtained a percentage of 84.58% with the category "Very Feasible".

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Arris Maulana, M.T. ; 2). Dr. Riyan Arthur, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 18835 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2023 05:11
Last Modified: 24 Aug 2023 05:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39580

Actions (login required)

View Item View Item