PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL AUTOCAD 2D UNTUK MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

FIKRI TRI HANDOKO MEGBEL, . (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL AUTOCAD 2D UNTUK MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (691kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (277kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat bahan ajar berupa e-modul AutoCAD untuk mata pelajaran pembelajaran simulasi dan komunikasi digital di SMK berbasis Macromedia Flash. Penelitian ini dilaksanakan pada Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan Kelas X semester 2 di SMK Negeri 56 Jakarta Utara. Penelitian ini dilakukan selama 5 bulan, terhitung sejak Desember 2022 sampai dengan Juni 2023. Penelitian ini menggunakan metodologi R&D dengan model 4D, dan menggunakan instrumen non tes berupa observasi, dan angket. Angket dilakukan dengan menggunakan skala Likert 1-5 dengan jumlah responden sebanyak 40 orang yang terdiri dari 40 responden Siswa Kelas X Simulasi dan Komunikasi Digital, 2 orang ahli media, 2 orang ahli materi, dan 2 orang guru. Teknik pengumpulan data juga menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil validasi dari ahli media menunjukkan bahwa modul pembelajaran ini tergolong “Sangat Layak” dengan skor kelayakan sebesar 81,17%. Hasil validasi dari ahli materi menunjukkan bahwa modul pembelajaran ini tergolong “Tepat” dengan skor kelayakan sebesar 74%. Hasil validasi dari guru menunjukkan bahwa modul pembelajaran ini tergolong “Sangat Layak” dengan skor kelayakan 84,11%. ***** The purpose of this research is to create teaching materials in the form of AutoCAD e-modules for simulation learning subjects as well as digital communication in Macromedia Flash-based Vocational Schools. This research was conducted at the Building Information and Modeling Design Expertise Competence Class X Semester 2 at SMK Negeri 56 North Jakarta. This research was conducted for 5 months, starting from December 2022 to June 2023. This study uses the R&D methodology with Model 4D and uses non-test instruments in the form of observations, and questionnaire. The questionnaire was conducted using a Likert scale of 1-5 with a total of 40 respondents consisting of 40 respondents Class X Digital Simulation and Communication Students, 2 media expert, 2 materi expert, and 2 teachers. The data collection technique also using a questionnaire. The data analysis technique in this study is a quantitative descriptive analysis. The validation results from media experts show that this learning module is considered "Very Eligible" with a feasibility score of 81.17%. The results of the validation from material experts show that this learning module is considered "Appropriate" with a feasibility score of 74%. The validation results from the teacher show that this learning module is considered "Very Eligible" with a feasibility score of 84,11%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Tuti Iriani, M.Si. ; 2). Drs. Arris Maulana, S.T, M.T.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Sipil
Depositing User: Users 18942 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2023 06:09
Last Modified: 24 Aug 2023 06:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39654

Actions (login required)

View Item View Item