PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH TECHNOPRENEURSHIP DAN INOVASI BERBASIS E-MODUL PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

IRFAN BINTANG PRASETYA, . (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH TECHNOPRENEURSHIP DAN INOVASI BERBASIS E-MODUL PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (539kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (890kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (273kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar Mata Kuliah Technopreneurship dan Inovasi dalam bentuk E-Modul pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilakukan dari Februari – Juli 2023. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah riset dan pengembangan atau dikenal dengan Research and Development (R&D). Model yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Pada instrumen non tes, untuk validasi ahli menggunakan skala Guttman sebagai skala pengukuran yang memiliki jawaban tegas, yaitu “Ya” dan “Tidak” (Sugiono, 2014). Sedangkan pada instrumen tes, menggunakan pretest dan posttest untuk uji efektivitas E-Modul. E-Modul telah diuji validasi oleh ahli yang fokus pada bidang keilmuannya. Ahli tersebut terbagi menjadi 2 Ahli Media, 2 Ahli Materi, dan 2 Ahli Bahasa. Semua ahli memberikan kelayakan dengan tingkat validitas “Sangat Valid”, dan menyetujui uji coba E-Modul pada mahasiswa. E-Modul juga telah diuji coba pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta sebanyak 35 orang. Uji coba E-Modul menggunakan pretest dan posttest. Hasil dari uji coba tersebut mendapatkan n-gain sebesar 0,79, yang berarti tingkat efektivitas tinggi. ***** This research aims to develop teaching materials for the course 'Technopreneurship and Innovation' in the form of an E-Module in the Study Program of Building Engineering Education at Jakarta State University. The research was conducted from February to July 2023. The method employed in this research is research and development, commonly known as Research and Development (R&D). The model used is ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The data collection technique used in this research is the descriptive quantitative method. In the non-test instruments, Guttman scale is utilized for expert validation, which provides definite answers, namely "Yes" and "No" (Sugiono, 2014). As for the test instrument, a pretest and posttest were employed to evaluate the effectiveness of the E-Module. The E-Module underwent validation by experts specializing in their respective fields. These experts consisted of 2 Media Experts, 2 Content Experts, and 2 Language Experts. All experts deemed the E-Module to be "Highly Valid," and they approved its trial on students. The E-Module was also tested on 35 students of Building Engineering Education at Jakarta State University. The testing involved the use of pretest and posttest measures. The results of the testing yielded an n-gain of 0.79, signifying a high level of effectiveness.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). R. Eka Murtinugraha, M.Pd. ; 2). Dra. Rosmawita Saleh, M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Kewirausahaan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 18805 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2023 05:06
Last Modified: 25 Aug 2023 05:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39667

Actions (login required)

View Item View Item