HUBUNGAN PERILAKU BELAJAR DAN KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI BACAAN DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK KELAS XI TITL SMK NEGERI 4 JAKARTA

AHMAD SUHAIMI, . (2023) HUBUNGAN PERILAKU BELAJAR DAN KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI BACAAN DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK KELAS XI TITL SMK NEGERI 4 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (120kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui tingkat hubungan perilaku belajar dengan hasil belajar mata pelajaran instalasi penerengan listrik; (2) Mengetahui tingkat hubungan kemampuan memahami isi bacaan dengan hasil belajar mata pelajaran instalasi penerangan listrik; (3) Mengetahui tingkat hubungan perilaku belajar dan kemampuan memahami isi bacaan secara bersama-sama dengan hasil belajar mata pelajaran instalasi penerangan listrik. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan sampel berjumlah 58 mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Pengumpulan data menggunakan instrument berupa angket, tes dan dokumentasi. Angket akan digunakan untuk mengumpulkan data variabel perilaku belajar, tes akan digunakan untuk mengumpulkan data variabel kemampuan memahami isi bacaan, dan dokumentasi berupa nilai Assesmen Akhir Semester (AAS) sebagai hasil belajar mata pelajaran instalasi penerangan listrik. Pengujian validitas dan reabilitas instrumen menggunakan Pearson Product Moment dan Alpha Crobach. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan linieritas, selanjutnya akan dianalisis dengan menggunakan Pearson Product Moment serta uji-t dan uji-F untuk signifikansi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perilaku belajar dengan hasil belajar mata pelajaran instalasi penerangan listrik seperti yang ditunjukkan pada nilai rhitung > rtabel (0,278 > 0,2586) dan uji-t dengan ttabel > thitung (2,167 > 2,003; (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan memahami isi bacaan dengan hasil belajar mata pelajaran instalasi penerangan listrik seperti yang ditunjukkan pada nilai rhitung > rtabel (0,511 > 0,2586) dan uji-t dengan ttabel > thitung (4,453 > 2,003); (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perilaku belajar dan kemampuan memahami isi bacaan secara Bersama-sama dengan hasil belajar mata pelajaran instalasi penerangan listrik seperti yang ditunjukkan pada nilai rhitung > rtabel (0,548 > 0,2586) dan uji-F dengan Ftabel > Fhitung (11,817 > 3,16). ***** The objectives of this study were to: (1) Know the level of relationship between learning behavior and learning outcomes of electrical lighting installation subjects; (2) Know the level of relationship between the ability to understand reading content with learning outcomes of electrical lighting installation subjects; (3) Know the level of relationship between learning behavior and the ability to understand reading content together with learning outcomes of electrical lighting installation subjects. The sampling technique used simple random sampling with a sample of 58 Electrical Engineering Education students. This research is a quantitative research with a correlationals approach. Data collection uses instruments in the form of questionnaires, tests and documentation. Questionnaires will be used to collect data on learning behavior variables, tests will be used to collect data on the ability to understand reading content variables, and documentation in the form of End of Semester Assessment (AAS) scores as learning outcomes for electrical lighting installation subjects. Testing the validity and reliability of the instrument using Pearson Product Moment and Alpha Crobach. The prerequisite test of analysis uses normality and linearity tests, then will be analyzed using Pearson Product Moment and t-test and F-test for significance. The results showed:(1) There is a positive and significant relationship between learning behavior and learning outcomes of electrical lighting installation subjects as shown in the value of rcount> rtabel (0.278> 0.2586) and t-test with ttabel> tcount (2.167> 2.003; (2) There is a positive and significant relationship between the ability to understand reading content with learning outcomes of electrical lighting installation subjects as shown in the value of rcount> rtabel (0.511> 0.2586) and t-test with ttabel> tcount (4.453> 2.003);(3) There is a positive and significant relationship between learning behavior and the ability to understand the content of reading together with the learning outcomes of electrical lighting installation subjects as shown in the value of rcount> rtable (0.548> 0.2586) and F-test with Ftable> Fcount (11.817> 3.16).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Soeprijanto, M.Pd. ; 2). Dr. Faried Wadjdi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 18995 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2023 07:40
Last Modified: 25 Aug 2023 07:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39810

Actions (login required)

View Item View Item