ANALISA INTENSITAS PENERANGAN PADA FASILITAS PEMBELAJARAN DI SMKN 56 JAKARTA MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK DIALUX EVO 11

ANGGRAENI NURSITA, . (2023) ANALISA INTENSITAS PENERANGAN PADA FASILITAS PEMBELAJARAN DI SMKN 56 JAKARTA MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK DIALUX EVO 11. Sarjana thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (551kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan pada penelitian ini (1) Mengetahui kesesuaian intensitas penerangan pada Perpustakaan, Ruang kelas, Bengkel, dan ruang gambar di SMK 56 Jakarta hasil pengukuran dengan lux meter dan pengukuran menggunakan perangkat lunak DIALux evo 11 dibandingkan dengan SNI 6197 : 2020. (2) Mengetahui hasil simulasi yang digunakan pada perangkat lunak DIALux evo 11. (3) Memberikan hasil skenario intensitas penerangan menggunakan perangkat lunak DIALux evo 11. Pada penelian ini menggunakan metode observasi dan analisa deskriptif dengan memanfaatkan 3 cara yaitu, pengukuran manual menggunakan lux meter, perhitungan manual dan pengukuran menggunakan perangkat lunak Dialux evo 11.Pengukuran menggunakan Standar SNI 6197 : 2020. Simulasi menggunakan Dialux evo 11 untuk mendapatkan nilai kuat penerangan yang diisyaratkan SNI. Hasil penelitian yang didapatkan setelah pengukuran menggunakan lux meter dan dialux evo. Kemudian melalukan validasi data untuk menghasilkan nilai yang akurat pada 2 pengukuran. Hasil pengukuran yang di dapatkan belum memenuhi Standar penerangan pada lembaga pendidikan. Kesimpulan pada penelitian (1) nilai kuat penerangan rata – rata pada pengukuran manual dan pengukuran Dialux evo 11 belum memenuhi standar SNI 6197 : 2020. SNI pada perpustakaan sebesar 350 lux, SNI pada ruang kelas 350 lux, SNI pada Ruang Praktik 500 lux, dan SNI pada Ruang Gambar 750 lux. (2) Untuk menghasilkan pencahayaan minimum pada SNI. Maka dibuat Skenario menggunakan Dialux Evo 11 yaitu; Skenario pertama merubah warna lampu, Skenario kedua, merubah titik lampu, ketiga mengubah watt lampu, keempat merubah warna dinding dan titik lampu, dan kelima merubah watt lampu dan titik lampu. (3) Skenario yang paling memenuhi standar pencahayaan pada semua ruangan adalah Skenario kelima dengan merubah watt lampu dan titik lampu 46.8%-511.4%. ***** The objectives of this research are: (1) To determine the suitability of lighting intensity in the Library, Classroom, Workshop, and Drawing Room at SMK 56 Jakarta based on measurements using a lux meter and DIALux EVO 11 software compared to the SNI 6197:2020 standard. (2) To identify the simulation results obtained using the DIALux EVO 11 software. (3) To provide the results of lighting intensity scenarios using the DIALux EVO 11 software. The research methodology involves observation and descriptive analysis using three methods: manual measurements using a lux meter, manual calculations, and measurements using the DIALux EVO 11 software. The measurements are conducted according to the SNI 6197:2020 standard. Simulation is performed using DIALux EVO 11 to obtain the recommended lighting strength values according to the SNI. The results of the research are obtained through measurements using both the lux meter and DIALux EVO. Data validation is then conducted to ensure accuracy in the two measurement methods. The findings indicate that the lighting measurements do not meet the standards for educational institutions. The conclusions drawn from the research are: (1) The average lighting intensity values obtained from both manual measurements and DIALux EVO 11 measurements do not meet the SNI 6197:2020 standards. The SNI standards for the Library are 350 lux, for classrooms 350 lux, for Practical Rooms 500 lux, and for Drawing Rooms 750 lux. (2) To achieve the minimum lighting level as per the SNI standards, various scenarios were created using DIALux Evo 11: the first scenario involving changing the color of the lamps, the second scenario adjusting the lamp positions, the third scenario modifying the lamp wattage, the fourth scenario altering the wall color and lamp positions, and the fifth scenario changing both the lamp wattage and positions. (3) The scenario that best meets the lighting standards for all rooms is the fifth scenario, involving changes in lamp wattage and positions by 46.8% - 511.4%. Keywords: Learning facilities, SMKN 56 Jakarta, rooms, illumination, DIALux EVO 11.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Massus Subekti, M.T. ; 2). Nur Hanifah Yuninda, M.T.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Energi > Energi Listrik
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 19090 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2023 04:55
Last Modified: 29 Aug 2023 04:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40028

Actions (login required)

View Item View Item