PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI 2D MUKASHIBANASHI: SARU KANI GASSEN PADA MATA PELAJARAN BAHASA JEPANG DI SMA NEGERI 12 KOTA BEKASI

ERLINA YULIANA, . (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI 2D MUKASHIBANASHI: SARU KANI GASSEN PADA MATA PELAJARAN BAHASA JEPANG DI SMA NEGERI 12 KOTA BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (783kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (617kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (870kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (440kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Hasil survei yang dilakukan The Japan Foundation pada tahun 2021, menunjukkan bahwa Indonesia menduduki peringkat kedua dengan jumlah pembelajar Bahasa Jepang terbanyak di dunia. Pemerintah juga menetapkan Bahasa Jepang sebagai salah satu mata pelajaran peminatan yang bisa dipelajari di sekolah. Salah satu upaya untuk mengoptimalkan proses pembelajaran adalah dengan memanfaatkan media pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara, diketahui bahwa media pembelajaran untuk materi Mukashibanashi: Saru Kani Gassen di SMA Negeri 12 Kota Bekasi masih belum efektif. Atas dasar itu, dikembangkan sebuah media pembelajaran berupa video animasi 2D tentang dongeng atau Mukashibanashi dari Jepang, yaitu Saru Kani Gassen sebagai sarana pendukung pembelajaran pada peserta didik kelas XII SMA Negeri 12 Kota Bekasi. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) dan menerapkan prinsip dasar animasi yang menghasilkan sebuah media pembelajaran berupa video animasi 2D dengan durasi 6 menit 40 detik dalam format video mp4. Pengujian kelayakan pada produk media pembelajaran video animasi 2D ini dilakukan melalui dua tahap pengujian, yaitu tahap pengujian alpha dan tahap pengujian beta. Pengujian alpha dilakukan oleh ahli materi dan ahli media dengan perolehan hasil sebesar “100%” dan “94%” yang termasuk ke dalam kategori kelayakan “Sangat Baik”. Kemudian, selanjutnya dilakukan pengujian beta oleh responden dengan memperoleh hasil sebesar “89%”, yang termasuk ke dalam kategori kelayakan “Sangat Baik”. Berdasarkan ketiga hasil pengujian yang telah dilakukan, produk media pembelajaran video animasi 2D Mukashibanashi: Saru Kani Gassen termasuk ke dalam kategori kelayakan “Sangat Baik”. Sehingga produk video animasi 2D dapat dinyatakan layak sebagai media pembelajaran. According to a survey conducted by The Japan Foundation in 2021, Indonesia has the second highest number of Japanese language learners in the world. The government has also established Japanese as one of the specialization subjects that can be studied at school. One of the efforts to optimize the learning process is by utilizing learning media. Based on the results of the interview, it is known that the learning media for the material Mukashibanashi: Saru Kani Gassen at SMA Negeri 12 Bekasi City is still not effective. On that basis, a learning media was developed in the form of 2D animation video on fairy tale or Mukashibanashi from Japan, namely Saru Kani Gassen as a means of supporting learning in 3rd grade high class students at SMA Negeri 12 Bekasi City. The development of this learning media uses the MDLC (Multimedia Development Life Cycle) method and applying the basic principles of animation which produces a learning media in the form of 2D animation video with a duration of 6 minutes 40 seconds in video format mp4. Feasibility testing on this 2D animation video learning media product is carried out through two stages of testing, namely the alpha testing stage and the beta testing stage. Alpha testing was conducted by material expert and media expert with results of "100%" and "94%" which fall into the "Very Good" feasibility category. Then, beta testing was carried out by respondents by obtaining results of "89%", which is included in the "Very Good" eligibility category. Based on the three test results that have been carried out, the 2D animation video learning media product Mukashibanashi: Saru Kani Gassen is included in the "Very Good" feasibility category. So that 2D animation video product can be declared feasible as learning media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Hamidillah Ajie, S.Si., M.T. 2). Murien Nugraheni, S.T., M.Cs.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum)
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Users 19234 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2023 05:59
Last Modified: 30 Aug 2023 05:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40156

Actions (login required)

View Item View Item