ANALISIS QUALITY OF SERVICE JARINGAN INTERNET BERBASIS WIRELESS LOCAL AREA NETWORK (WLAN) DI CAFE PUNIKA

LENI ANGGRAINI, . (2023) ANALISIS QUALITY OF SERVICE JARINGAN INTERNET BERBASIS WIRELESS LOCAL AREA NETWORK (WLAN) DI CAFE PUNIKA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (903kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dunia teknologi semakin mengalami perkembangan, hal ini berpengaruh pada kebutuhan manusia untuk berkomunikasi. Untuk berkomunikasi kita membutuhkan sebuah jaringan Internet, penggunaan Internet sangat berperan bagi kehidupan dunia komunikasi yang bisa menghubungkan orang-orang di seluruh dunia. Teknologi yang berkembang sangat pesat memberikan keuntungan bagi manusia dalam mencari berbagai informasi, seperti mudahnya mencari informasi tersebut dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Internet yang dibutuhkan tiap tempat berbeda di setiap lingkungan, salah satunya di lingkungan kuliner yang menyediakan makanan dan minuman. Cafe Punika menggunakan fasilitas Internet untuk menarik minat para pengunjung agar merasa nyaman dan betah di Cafe tersebut. Cafe Punika memanfaatkan fasilitas Internet untuk para pengunjung maupun para karyawan Cafe Punika untuk berbagai keperluan seperti pemesanan via ojek online, bermain game dan beberapa aktivitas yang menggunakan Internet. Untuk mendapatkan kualitas jaringan Internet yang baik diperlukan sebuah pengecekan secara berkala untuk mengelola jaringan tersebut, yaitu menggunakan Quality of service. Jumlah router pada Cafe Punika hanya 1 terletak di dekat meja pemesanan, dengan kecepatan Internet 50 Mbps dan biaya sekitar Rp500.000, perharinya pengunjung Cafe yang datang sekitar 10-20 orang orang. Hasil dari pengukuran parameter throughput pada Cafe ini termasuk dalam kategori “buruk” dengan indeks 1,2. Kemudian untuk parameter Packet loss termasuk dalam kategori “sangat bagus” dengan indeks 3,8. lalu untuk parameter latency (delay) termasuk dalam kategori “bagus” dengan indeks 2,4. Dan yang terakhir parameter jitter termasuk dalam kategori “buruk” dengan indeks 1. Dengan demikian hasil dari keseluruhan analisis quality of service jaringan WLAN di Cafe Punika termasuk dalam kategori “kurang memuaskan” berdasarkan standar TIPHON dimana hasil yang diperoleh adalah 2,15. ***** The world of technology is increasingly experiencing development, this affects the human need to communicate. To communicate we need an Internet network, the use of the Internet plays a very important role in the life of the world of communication that can connect people all over the world. Technology that is developing very rapidly provides advantages for humans in searching for various information, such as how easy it is to find that information and does not take a long time. The internet needed by each place is different in every environment, one of which is in a culinary environment that provides food and drinks. Cafe Punika uses Internet facilities to attract visitors to feel comfortable and feel at home in the Cafe. Cafe Punika utilizes Internet facilities for visitors and Cafe Punika employees for various purposes such as ordering via online motorcycle taxis, playing games and some activities using the Internet. To get a good quality Internet network, a mechanism is needed to manage the network, namely using Quality of service. The number of routers at the Punika Cafe is only 1 located near the ordering desk, with an Internet speed of 50 Mbps and a cost of around Rp. 500,000, around 10-20 Cafe visitors per day. The results of measuring the Throughput parameter at this Cafe are included in the bad category with an index of 1.2. Then the Packet loss parameter is included in the very good category with an index of 3.8. Then the latency (delay) parameter is included in the good category with an index of 2.4. And finally the Jitter parameter is included in the bad category with index 1. Thus the results of the overall analysis of the Quality of service of the WLAN network at the Punika Cafe are included in the "unsatisfactory" category based on the TIPHON standard where the results obtained are 2.15.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Lipur Sugiyanta, S.T., M.Kom. Ph.D ; 2). Ali Idrus, S.Kom.,M.Kom.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum)
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Users 19183 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2023 06:10
Last Modified: 30 Aug 2023 06:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40181

Actions (login required)

View Item View Item