KEMUNCULAN HURUF ABJAD DAN ANGKA DALAM KEGIATAN MENGGAMBAR EKSPRESIF ANAK USIA 4- TAHUN (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF DI RA AL-GHIFARY, TANGERANG SELATAN)

ELYNA ALDESYA, . (2020) KEMUNCULAN HURUF ABJAD DAN ANGKA DALAM KEGIATAN MENGGAMBAR EKSPRESIF ANAK USIA 4- TAHUN (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF DI RA AL-GHIFARY, TANGERANG SELATAN). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER-NIM.pdf

Download (87kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (220kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (188kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORIGINALITAS.pdf

Download (178kB)
[img] Text
5. SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (156kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (303kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (832kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (744kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (388kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
16. LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf

Download (225kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai kemunculan huruf abjad dan angka dalam kegiatan menggambar ekspresif anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini dilaksanakan di RA Al-Ghifary, Kota Tangerang Selatan. Pengumpulan data menelitian ini dilakukan pada bulan September sampai dengan bulan Oktober 2019. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan member check. Temuan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pada gambar ekspresif anak usia 4-5 tahun terlihat coretan yang dapat dikenali sebagai huruf atau angka. 2) Tahapan keterampilan menulis anak usia 4-5 tahun berada pada tahap menulis huruf acak (Letter Random Stage) 3) Tahap menggambar ekspresif anak usia 4-5 tahun berada pada tahap preschematic. 4) ekspresi anak ketika menggambar berpengaruh terhadap hasil gambar anak. Hendaknya kegiatan menggambar ekspresif ini dapat menjadi suatu cara yang dapat dilakukan untuk menilai perkembangan menulis anak melalui kegiatan yang menyenangkan dan disukai oleh anak This study aims to obtain a description of the emergence of letters and figures in expressive drawing activities on children aged 4-5 years. This research was conducted in RA Al-Ghifary, South Tangerang City. The research data collection was conducted in September to October 2019. The method of this research uses descriptive qualitative method. Data collection techniques are done by observation, interview and documentation. Data analysis uses data reduction, data display, and conclusions. Checking the validity of the data is done by extending the observation technique, increasing perseverance, triangulation, and member checking. The findings of this study indicate that: 1) In expressive images of children aged 4-5 years, there are graffities that can be identified as letters or numbers. 2) The stages of writing skills of children aged 4-5 years are at the stage of writing random letters (Letter Random Stage) 3) The expressive drawing stage of children aged 4-5 years is at the preschematic stage. 4) the child's expression when drawing affects the child's drawing results. This expressive drawing activity should be a way that can be done to assess the development of children's writing through activities that are fun and liked by children.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Azizah Muis, S.Pd.,M.Pd. ; 2). Dra. Yenina Akmal, M.Hum.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 786 not found.
Date Deposited: 27 Mar 2020 11:22
Last Modified: 27 Mar 2020 11:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/4043

Actions (login required)

View Item View Item