MODEL AKTIVITAS FISIK BERBASIS OUTDOOR ACTIVITY UNTUK KEPEMIMPINAN ANAK PRA REMAJA

MUHAMMAD GHIFARI SYUKUR, . (2023) MODEL AKTIVITAS FISIK BERBASIS OUTDOOR ACTIVITY UNTUK KEPEMIMPINAN ANAK PRA REMAJA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (545kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (293kB)
[img] Text
LAMPIRAN, RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

MODEL AKTIVITAS FISIK BERBASIS OUTDOOR ACTIVITY UNTUK KEPEMIMPINAN ANAK PRA REMAJA ABSTRAK Kegiatan aktivitas fisik berbasis outdoor activity dengan membuat suatu program permainan yang memiliki indikator kepemimpinan di dalamnya. Program ini dibuat dalam bentuk aktivitas fisik dengan terdapat unsur permainan di dalam nya. Tujuan dari dibuatnya aktivitas fisik berbasis outdoor activity ialah untuk membuat kegiatan yang biasanya di lakukan di dalam kelas di lakukan di tempat yang berada di luar kelas, bertujuan agar siswa merasakan sensasi baru dalam melakukan kegiatan aktivitas fisik. Di samping itu kegiatan aktivitas fisik juga di tambah dengan indikator kepemimpinan agar anak belajar bagaimana berkerja sama dalam kelompok, mengelola emosi, pemecahan masalah dalam kelompok dan pengambilan keputusan. Selama ini aktivitas fisik dianggap membosankan dengan di adakannya aktivitas fisik berbasis outdoor activity di harapkan menjadi lebih bervariatif dan menarik, sehingga para anak pra remaja bisa mengikuti kegiatan dengan senang bahkan berpotensi membuat mereka menjadi lebih aktif serta rajin melakukan aktivitas. Menurut Dick et al. (2005) mengembangkan model-model pengembangan yaitu model ADDIE, model tersebut terdiri dari lima tahapan pengembangan. Model yang melibatkan tahap-tahap pengembangan model dengan lima langkah atau fase pengembangan meliputi: Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery and Evaluations. Hasil akhir dari produk model aktivitas fisik berbasis outdoor activity untuk kepemimpinan anak pra remaja setelah dilakukan penelitian dapat disimpulkan bahwa model permainan yang di terapkan layak dan sesuai. Hasil dari analisis kebutuhan menunjukan bahwa anak-anak sangat senang dan bersemangat mengikuti permainan yang berikan. Dengan menerapkan model aktivitas fisik berbasis outdoor activity untuk kepemimpinan anak pra remaja anak-anak akan lebih senang melakkan aktivitas fisik atau permainan di luar ruangan dan tidak hanya melakukan kegiatan di dalam kamar atau terpaku pada gadget seiring perkembangan zaman. Serta permainan aktivitas fisik ini juga memiliki indikator kepemimpinan, dimana di harapkan anak dapat mengimplementasikan indikator tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Pembentukan kepemimpinan lewat aktivitas fisik di rasa sangat baik karena anak dapat melakukannya secara bersama-sama maupun individu dan melakukannya dengan gembira. Kata Kunci : Aktivitas Fisik, Outdoor Activity, Kepemimpinan. Outdoor activity-based physical activity by creating a game program that has leadership indicators in it. This program is made in the form of physical activity with elements of games in it. The purpose of making physical activity based on outdoor activity is to make activities that are usually carried out in the classroom to be carried out outside the classroom, aiming for students to feel new sensations in carrying out physical activity activities. Besides that, physical activity activities are also added with leadership indicators so that children learn how to work together in groups, manage emotions, solve problems in groups and make decisions. So far, physical activity is considered boring by holding outdoor activity-based physical activities. According to Dick et al. (2005) developed development models namely the ADDIE model, this model consists of five stages of development. The model involves the stages of model development with five steps or development phases including: Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery and Evaluations. The final results of the outdoor activity-based physical activity model product for pre-adolescent leadership after research has been carried out can be concluded that the game model applied is feasible and appropriate. The results of the needs analysis show that children are very happy and enthusiastic about participating in the games provided. applying an outdoor activity-based physical activity model for pre-adolescent leadership, children will prefer to carry out physical activities or outdoor games and not only do activities in the room or be fixated on gadgets with the times. As well as this physical activity game also has leadership indicators, where it is hoped that children can implement these indicators in everyday life. Keywords: Physical Activity, Outdoor Activity, Leadership.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Hartman Nugraha, M.Pd 2) Dr. Hernawan, S.E, M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Aneka Olah Raga
Divisions: FIO > Olahraga Rekreasi
Depositing User: Users 19220 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2023 03:03
Last Modified: 31 Aug 2023 03:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40505

Actions (login required)

View Item View Item