PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING TERINTEGRASI DENGAN AUGMENTED REALITY PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK

DONY RIDWAN AFANDY, . (2023) PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING TERINTEGRASI DENGAN AUGMENTED REALITY PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (795kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

*ABSTRAK* Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media mobile learning terintegrasi dengan augmented reality pada materi kesetimbangan kimia menggunakan pendekatan saintifik. Mobile learning merupakan media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi smartphone. Augmented reality merupakan teknologi informasi yang menggabungkan objek virtual ke dalam lingkungan tiga dimensi kemudian menampilkan objek virtual tersebut secara nyata. Augmented reality mendapatkan perhatian di bidang pendidikan karena memiliki potensi untuk memudahkan kegiatan pembelajaran, terutama dalam bidang kimia. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 48 Jakarta pada bulan November 2022 hingga Mei 2023. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model Borg & Gall yang dimodifikasi menjadi tiga tahap yaitu analisis kebutuhan, perencanaan dan pengembangan, serta uji validasi dan uji coba produk. Produk yang dihasilkan berupa aplikasi mobile learning yang bernama “Kesetimbangan Kimia”. Persentase nilai rata-rata yang didapat sebesar 87,1% oleh ahli media dan 82,3% oleh ahli materi dan bahasa. Uji coba skala kecil menghasilkan persentase nilai rata-rata sebesar 88,1% oleh siswa dan sebesar 92% oleh guru kimia. Uji coba skala besar menghasilkan persentase nilai rata-rata sebesar 89,9% oleh siswa dan 94,7% oleh guru kimia. Secara keseluruhan media mobile learning terintegrasi augmented reality yang dikembangkan memiliki kriteria sangat baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. *ABSTRACT* This research aims to develop mobile learning integrated with augmented reality in chemical equilibrium material using a scientific approach. Mobile learning is a learning media that utilizes smartphone technology. Augmented reality is a technology that incorporates virtual objects into a three-dimensional environment and displays these virtual objects in real terms. Augmented reality is getting attention in the field of education because it has the potential to facilitate learning activities, especially in chemistry. The research was carried out at SMAN 48 Jakarta from November 2022 to May 2023. The research method used research and development Borg & Gall model which was modified into three stages, namely needs analysis, planning and development, validation tests and field tests. The result of product is a mobile learning application called "Kesetimbangan Kimia". The percentage of the average score obtained are 87.1% by media experts and 82.3% by material and language experts. Small-scale trials resulted in an average grade percentage of 88,1% by students and 92% by chemistry teacher. The large-scale trial resulted in an average grade percentage of 89.9% for students and 94.7% for chemistry teachers. Overall, mobile learning integrated with augmented reality has very good criteria and suitable for use as a learning media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Ucu Cahyana, M.Si. ; 2) Irwan Saputra, M.Si., Ph.D.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Kimia
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 19555 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2023 06:07
Last Modified: 04 Sep 2023 06:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40581

Actions (login required)

View Item View Item