PENGEMBANGAN E-MODUL BIOTEKNOLOGI BERBASIS STUDI ANTI-KANKER PADA PORIFERA SECARA IN SILICO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA

NAUFAL MA'ARIF, . (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BIOTEKNOLOGI BERBASIS STUDI ANTI-KANKER PADA PORIFERA SECARA IN SILICO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover_Repository.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab1_Repository.pdf

Download (175kB)
[img] Text
Bab2_Repository.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text
Bab3_Repository.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text
Bab4_Repository.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab5_Repository.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text
DaftarPustaka_Repository.pdf

Download (361kB)
[img] Text
Lampiran_Repository.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran abad 21 merupakan karakteristik pembelajaran yang berorientasi pada integrasinya beberapa mata pelajaran sekaligus seperti dalam bidang teknologi dan bidang lainnya. Kurikulum yang ada di Indonesia diharapkan dapat menekankan siswa pada aspek-aspek penting seperti kognitif, afektif, dan psikomotorik. Namun, penerapan kurikulum yang ada saat ini belum sepenuhnya diimplementasikan dengan baik menurut hasil PISA dan TIMSS. Selain itu, salah satu kemajuan terbesar pada bidang biologi adalah kemajuan dalam bidang bioteknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan E-modul Bioteknologi berbasis studi anti-kanker secara in-silico untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode Educational Design Research and Development dengan menggunakan model Hannafin and Peck (1998). Subjek dari penelitian ini adalah guru Biologi dan siswa kelas X di SMAN 68 Jakarta. Hasil validasi E-Modul menunjukkan E-Modul dinyatakan valid pada media, materi, dan bahasa dengan nilai keseluruhan 91.33 dan interpretasi “sangat valid”. Sementara itu, hasil uji validasi instrumen berpikir kritis mendapatkan nilai 80,5 dengan interpretasi “valid”. Pada uji coba kepada guru Biologi, E-Modul dan Instrumen mendapatkan nilai 97,55 dengan interpretasi “sangat layak”. Pada uji coba kelompok kecil, E-Modul mendapatkan nilai 75,67 dengan interpretasi “layak”. Sementara pada uji coba kelompok besar, E-Modul mendapatkan hasil 85,04 dengan interpretasi “sangat layak. Uji efektivitas dilakukan dengan menggunakan desain penelitian one group pre-test and post-test design. Hasil N-gain mendapatkan skor 0.6 dan menunjukkan E-Modul “cukup efektif” dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Oleh karena itu, E-modul ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang valid, layak, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Bioteknologi. ***** 21st-century learning is a characteristic of learning-oriented towards integrating several subjects at once, such as in technology and other fields. The existing curriculum in Indonesia is expected to emphasize essential aspects such as cognitive, affective, and psychomotor. However, the current curriculum still needs to be fully implemented correctly, according to PISA and TIMSS results. In addition, one of the most significant advances in the field of biology is the progress in biotechnology. This research aims to develop a Biotechnology E-module based on in-silico anti-cancer studies to improve students' critical thinking skills. The method used in this research is the Educational Design Research and Development method using the Hannafin and Peck (1998) model. The subjects of this study were Biology teachers and grade X students at SMAN 68 Jakarta. The results of the EModule validation showed that the E-Module was declared valid on media, material, and language with an overall score of 91.33 and an interpretation of "very valid." Meanwhile, the critical thinking instrument validation test received a score of 80.5 with the interpretation of "valid." In the trial with the Biology teacher, the E-Module and Instrument received a score of 97.55 with the interpretation of "very feasible." In the small group trial, the E-Module received a score of 75.67 with the interpretation of "feasible." While in the large group trial, the E-Module received a result of 85.04 with the interpretation of "very feasible." The effectiveness test was conducted using a one-group pre-test and post-test design. The N-gain results obtained a score of 60% and showed that the E-Module was "quite effective" in improving students' critical thinking skills. Therefore, this E-module can be used as a valid, feasible, and effective learning media to improve students' critical thinking skills on Biotechnology material.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Hanum Isfaeni,M.Si. ; 2). Dr. Rusdi, M.Biomed.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Sains > Zoologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 19691 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2023 03:07
Last Modified: 05 Sep 2023 03:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40582

Actions (login required)

View Item View Item