PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN MENGGUNAKAN MODEL DESIGN-BASED LEARNING BAGI SISWA SEKOLAH DASAR

MAULANA MALIK IBROHIM, . (2023) PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN MENGGUNAKAN MODEL DESIGN-BASED LEARNING BAGI SISWA SEKOLAH DASAR. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (679kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (250kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan computational thinking merupakan keterampilan esensial yang harus dimiliki siswa. Pembelajaran pemrograman dengan model design-based learning sebagai salah satu cara yang paling efektif untuk meningkatkan keterampilan computational thinking dirasa masih kurang optimal terutama pada aspek keterampilan loops dan conditionals. Hal tersebut disebabkan karena siswa kesulitan menghubungkan fakta dan keterampilan yang telah dipelajari. Spektrum pemilihan ide desain yang terlalu luas menimbulkan kecenderungan keterampilan yang ditargetkan tidak tercapai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan desain pembelajaran pemrograman bagi siswa sekolah dasar menggunakan model design-based learning yang dikemas dalam tema-tema konkrit dengan menargetkan keterampilan computational thinking secara hierarkis dengan aktivitas desain yang berulang di setiap temanya. Penelitian R&D ini menggunakan Model Pengembangan Instruksioanl (MPI) yang terdiri dari delapan tahapan pengembangan. Uji kelayakan produk desain pembelajaran dilakukan melalui uji ahli desain pembelajaran, ahli media, ahli materi dan uji one-to-one. Uji efektivitas dilakukan dengan melakukan uji coba lapangan menggunakan metode One Group Pre-Test Post-Test terhadap 20 siswa sekolah dasar dengan perolehan hasil perhitungan perbedaan dua rerata Z hitung sebesar -3,924 yang menunjukkan bahwa desain pembelajaran ini berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan keterampilan computational thinking siswa. Perolehan N-Gain Score sebesar 0,606 menunjukkan tingkat peningkatan yang sedang, meskipun terdapat empat aspek keterampilan yang memperoleh skor dengan kategori tinggi. Computational thinking are essential skills that students must have. Learning programming subjects using a design-based learning model as one of the most effective ways to improve computational thinking skills is still not optimal, especially in the aspects of loops and conditionals skills. This is because students have difficulty connecting facts and skills that have been learned. The spectrum of design ideas that are too broad creates a tendency for the targeted skills not to be achieved. The purpose of this research is to develop a programming learning design for elementary school students using a design-based learning model that is packaged in concrete themes by targeting hierarchical computational thinking skills with design activities that are repeated in each theme. This R&D research uses the Model Pengembangan Instruksional (MPI) which consists of eight stages of development. The feasibility test of learning design products is carried out through tests of learning design experts, media experts, material experts and one-to-one tests. The effectiveness test was carried out by conducting field trials using the One Group Pre-Test Post-Test method on 20 elementary school students with the results of calculating the difference in the two mean Z counts of -3.924 indicating that this learning design has a significant effect on improving students' computational thinking skills. The N-Gain Score of 0.606 indicates a moderate level of improvement, although there are four aspects of skills that score in the high category.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Eveline Siregar, M.Pd. 2). Dr. Uwes Anis Chaeruman, M.Pd.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S2 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 19708 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2023 01:26
Last Modified: 04 Sep 2023 01:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40779

Actions (login required)

View Item View Item