PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS AUGMENTED REALITY DENGAN PENDEKATAN JOYFUL LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMPN 2 JAKARTA

NURUL IZZAH RUSDIANTI, . (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS AUGMENTED REALITY DENGAN PENDEKATAN JOYFUL LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMPN 2 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (876kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (251kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

NURUL IZZAH RUSDIANTI. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Augmented Reality dengan Pendekatan Joyful Learning pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di SMPN 2 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 2023. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengembangkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality dengan pendekatan Joyful Learning pada materi bangun ruang sisi datar untuk siswa SMP kelas VIII. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan terhadap siswa dan guru matematika, materi yang dipilih adalah bangun ruang sisi datar dan pendekatan yang digunakan adalah Joyful Learning. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu model pengembangan 3D yang dimodifikasi dari model pengembangan 4D. Model pengembangan 3D modifikasi terdiri dari tiga tahapan, yaitu define, design, dan develop. Produk media pembelajaran yang dikembangkan memperoleh penilaian sebesar 90% dari ahli materi dan bahasa, serta 97% dari ahli media. Pada uji coba kelompok kecil, produk media pembelajaran memperoleh penilaian sebesar 100% dari uji coba kepada guru dan 98% dari uji coba kepada siswa. Pada uji coba kelompok besar, produk media pembelajaran memperoleh penilaian sebesar 100% dari uji coba kepada guru dan 97,3% dari uji coba kepada siswa. Maka nilai rata-rata keseluruhan yang diperoleh sebesar 97,05% dengan kriteria sangat layak. Oleh karena itu, media pembelajaran berbasis Augmented Reality dengan pendekatan Joyful Learning untuk siswa kelas VIII SMP pada materi bangun ruang sisi datar dinyatakan valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran matematika pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII. NURUL IZZAH RUSDIANTI. Development of Augmented Reality-Based Mathematical Learning Media with a Joyful Learning Approach on Flat Sided Building Materials at SMPN 2 Jakarta. Thesis. Jakarta: Mathematics Education Study Program, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Jakarta State University, 2023. This research was conducted with the aim of developing learning media based on Augmented Reality with a Joyful Learning approach on flat-sided geometric materials for grade VIII junior high school students. Based on the results of the analysis of the needs of students and teachers of mathematics, the material chosen is a flat-sided shape and the approach used is Joyful Learning. The method used in this study is the 3D development model modified from the 4D development model. The modified 3D development model consists of three stages, namely define, design, and develop. The learning media products developed received an assessment of 90% from material and language experts, and 97% from media experts. In small group trials, learning media products received an assessment of 100% from trials with teachers and 98% from trials with students. In the large group trials, learning media products obtained an assessment of 100% from trials for teachers and 97.3% from trials with students. Then the overall average value obtained is 97.05% with very decent criteria. Therefore, learning media based on Augmented Reality with a Joyful Learning approach for class VIII students of junior high school on flat materials is declared valid and feasible to be used in the mathematics learning process materials on class VIII flat sided geometric materials.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Tri Murdiyanto, M.Si 2). Leny Dhianti Haeruman, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 19264 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2023 13:30
Last Modified: 06 Sep 2023 13:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40797

Actions (login required)

View Item View Item