SHELLY REGISTAWATI, . (2012) Meningkatkan Kreatifitas Siswa Dalam Pembelajaran Tari Dengan Menggunakan Model Active Learning Siswa kelas X-2 SMA Negeri 113 Jakarta. Sarjana thesis, Universitas Negeri Jakarta.
Text
SHELLY REGISTAWATI.pdf Download (742kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data mengenai meningkatkan kreatifitas siswa dalam pembelajaran tari dengan menggunakan model active learning. Dalam penelitian ini memiliki latar belakang, karena kurangnya kreatifitas siswa dalam pembelajaran tari di kelas X-2 SMA Negeri 113 Jakarta. Dalam penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 113 Jakarta pada bulan Februari sampai dengan Mei 2012. Model yang digunakan dalam penelitin ini dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan jumlah 39 siswa. Instrument yang digunakan adalah instrument tes untuk mendapatkan data kreatiitas siswa dalam pembelajaran tari dengan jumlah 15 butir. Desain pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan desain pembelajaran John Elliot yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Dalam penelitian ini dilakukan 2 siklus. Hasil kondisi awal terlihat bahwa kurang tingginya kreatifitas siswa dengan dengan rata-rata skor 55 pada kondisi awal. Namun setelah diterapkannya active learning pada siklus 1 telah mengalami peningkatan kreatifitas siswa dalam pembelajaran tari dengan rata-rata skor 60. Hasil penelitian pada siklus 2 sangat meningkat ternyata kreatifitas siswa meningkat dengan rata-rata skor 70. Sehingga siswa mampu mengembangkan kreatifitas yang mereka miliki dalam pembelajaran tari khusus nya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Kesenian > Seni Tari |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Tari |
Depositing User: | putra putra putra |
Date Deposited: | 22 Oct 2019 11:03 |
Last Modified: | 22 Oct 2019 11:03 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/408 |
Actions (login required)
View Item |