SITI SARAH, . (2023) MANAJEMEN PELAYANAN MAHASISWA (PELMA) BERBASIS DIGITAL DI UNIVERSITAS TERBUKA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER .pdf Download (917kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (351kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (785kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (555kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (271kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (407kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pelayanan berbasis digital yang dilakukan di Universitas Terbuka, tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan berbasis digital yang dilakukan UniversitasTerbuka serta hambatan dan solusi dalam proses pelayanan berbasis digital di Universitas Terbuka. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus deskripsi. Data dikumpulkan melalui arsip dokumen yang diambil melalui website Universitas Terbuka, observasi, wawancara,dan penyebaran kuesioner. Partisipan yang terlibat dalam proses penelitian ini sebanyak 25 orang. Analisis data merujuk pada manajemen pelayanan berbasis digital yang dilakukan Universitas Terbuka cukup baik, tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan berbasis digital juga menunjukkan hasil yang cukup baik.Hal ini dapat diketahui dari hasil analisis data yang telah dilakukan. Hambatan dalam pelayanan berbasis digital yang dilakukan Universitas Terbuka adalah mengenai akses jaringan internet yangberbeda di setiap wilayah dan kurangnya motivasi mahasiswa untuk lebih aktif memanfaatkan pelayanan yang diberikan. Solusi yang dilakukan Universitas Terbuka adalah dengan memberikan waktu yang cukup panjang kepada mahasiswa untuk mengumpulkan tugas dan tenaga pengajar aktif memotivasi mahasiswa untuk pemanfaatan layanan yang diberikan. Hasil penelitian ini berimplikasi pada pemahaman tentang pentingnya penggunaan akses digital dalam melakukan pelayanan karena lebih mudah diakses oleh mahasiswa dan dapat meningkatkan kualitas perguruan tinggi. Kata Kunci : Manajemen, Digital, Kepuasan, Layanan. The purpose of this study was to find out Digital-Based Service Management carried out at Open University. Student satisfaction with digital-based service carried out by Open University, and Obstacles and solutions in the service process in Open University. This study useda qualitativeapproachwith a descriptivecasestudymethod. data was collected through document archives taken through the openuniversity website, observation, interviews, and distributing questionnaires. Participants involved in this research process were 25 people. Data analysis refers to digital-based service management carried out at the Open University which is quite good, student satisfaction with digital-based services also shows quite good results. this can be seen from the results of data analysis that has been done. Obstacles in digital-based services at the Open University are internet network access that differs in each region, and the lack of student motivation to actively utilize the services provided. The solution made by the Open University is to give students a long enough time to submit assignments, and the teaching staff is also active in motivating students to take advantage of the services provided. the results of this study have implications for understanding the importance ofusingdigitalaccessin providingservicesbecauseitismoreaccessibletostudents and can improve the quality of tertiary institutions. Keywords : Management, Digital, Satisfaction, Service.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Sugiarto, M.A. ; 2). Prof. Dr. Masduki Ahmad, S.H., M.M. |
Subjects: | Manajemen > Pendidikan, Riset Penelitian Bisnis |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Users 19831 not found. |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 01:44 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 01:44 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40849 |
Actions (login required)
View Item |