PENGEMBANGAN E-MODUL GAYA - GAYA BATANG PADA KONSTRUKSI RANGKA SEDERHANA BERBASIS LITERASI VOKASIONAL (Penelitian pada mata pelajaran Mekanika Teknik SMK Kompetensi Keahlian KGSP&DPIB)

ADILA JOYA PUSPITA, . (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL GAYA - GAYA BATANG PADA KONSTRUKSI RANGKA SEDERHANA BERBASIS LITERASI VOKASIONAL (Penelitian pada mata pelajaran Mekanika Teknik SMK Kompetensi Keahlian KGSP&DPIB). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (603kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Adila Joya Puspita, Riyan Arthur, Daryati. (2023). “Pengembangan E-Modul Gaya -Gaya Batang Pada Konstruksi Rangka Sederhana Berbasis Literasi Vokasional”. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa elektronik modul berbasis literasi vokasional pada mata pelajaran mekanika teknik terkhusus pada Kompetensi Dasar (KD) menganalisis dan menghitung gaya - gaya batang pada konstruksi rangka sederhana di Program Keahlian Konstruksi Gedung, Sanitasi, dan Perawatan (KGSP) SMK Negeri 26 Jakarta dan Program Keahlian Desain Permodelan Informasi dan Bangunan (DPIB) SMK Negeri 56 Jakarta. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang diterapkan adalah model pengembangan ADDIE milik Branch (2009) yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu: (1) Analyze; (2) Design; (3) Develop; (4) Implement; (5) Evaluate. Elektronik Modul yang dikembangkan memfasilitasi kemampuan literasi vokasional dengan mengaitkan materi di dalam modul dengan dimensi dan indikator literasi vokasional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan daftar cocok (Checklist) sebagai instrumen penilaian kelayakan produk melalui validasi para ahli yang masing – masing terdiri dari 3 ahli materi, 3 ahli media, dan 3 ahli bahasa. Hasil validasi isi instrumen dianalisis menggunakan rumus Aiken’V untuk menilai validitas instrumen, sedangkan hasil validasi produk dianalisis dengan Skala Likert. Penelitian ini juga melakukan uji efektifitas melalui uji coba terbatas terhadap 80 sampel dan hasilnya dianalisis dengan uji t-test. Kemudian dilakukan survei kepuasan pengguna produk untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna produk yang dikembangkan. Hasil penelitian dan pengembangan yang dilakukan menghasilkan sebuah elektronik modul berbasis literasi vokasional pada mata pelajaran mekanika teknik. Berdasarkan penilaian kelayakan produk oleh para ahli, didapatkan persentase penilaian dari ahli materi 85%, penilaian dari ahli media sebesar 90%, dan penilaian dari ahli bahasa 91%, dari persentase tersebut dapat di kategorikan bahwa produk “Sangat Layak”. Hasil uji efektivitas melalui t-test menunjukkan adanya pengaruh penggunaan produk terhadap sampel dan nilai rata-rata uji akhir (Post Test) meningkat 97% dari nilai rata-rata uji awal (Pre Test), sehingga produk dapat dikatakan efektif untuk digunakan pada mata pelajaran mekanika teknik. Kemudian dari hasil survei kepuasan pengguna di dapatkan data bahwa dari aspek penyajian materi, bahasa yang digunakan, kebermanfaatan, dan kegrafikan produk pengguna merasa puas. Hasil penilaian kelayakan, uji efektifitas, dan survei kepuasan pengguna menunjukkan produk pengembangan E-modul Sangat layak dan dapat digunakan dalam mata pelajaran Mekanika Teknik di jenjang SMK. Kata Kunci : Elektronik Modul, Literasi Vokasional, Mekanika Teknik, SMK ***** Adila Joya Puspita, Riyan Arthur, Daryati. (2023). "Development of Rod Force E-Module on Simple Frame Construction Based on Vocational Literacy". Essay. Jakarta: Building Engineering Education Study Program, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Jakarta This study aims to develop a vocational literacy-based electronic module as teaching materials in Mekanika Teknik, especially in Basic Competencies (KD) analyzing and calculating rod forces in simple frame construction at the Building Construction, Sanitation, and Maintenance Expertise Program (KGSP), SMK Negeri 26 Jakarta and the Information and Building Modeling Design Expertise Program (DPIB) SMK Negeri 56 Jakarta. The study was conducted in July 2023. The method used in this study is Research and Development (R&D). The development model use is Branch's (2009) ADDIE development model which consists of 5 stages, namely: (1) Analyze; (2) Design; (3) Develop; (4) Implement; (5) Evaluate. The developed of E-module facilitate vocational literacy skills by associating the material in the module with vocational literacy dimensions and indicators. The data collection technique is carried out by disseminating a checklist as an instrument for assessing product feasibility through the validation of experts, each consisting of 3 material experts, 3 media experts, and 3 linguists. The results of instrument content validation are analyzed using the Aiken'V formula to assess instrument validity, while the product validation results are analyzed with Likert Scale. This study also conducted an effectiveness test through a limited trial of 80 samples and the results were analyzed with a t-test. Then a product user satisfaction survey is conducted to determine the level of user satisfaction of the product developed. The results of the research and development carried out resulted in an electronic module based on vocational literacy in the subjects of Mekanika Teknik. Based on the assessment of product feasibility by experts, the percentage of assessment from material experts is 85%, the assessment from media experts is 90%, and the assessment from linguists is 91%, of which the percentage can be categorized that the product is "Very Decent". The results of the effectiveness test through the t-test show the influence of product use on the sample and the average value of the final test (Post Test) increased by 97% from the average value of the initial test (Pre Test), so that the product can be said to be effective for use in engineering mechanics subjects. Then from the results of the user satisfaction survey, data is obtained that from the aspect of material presentation, language used, usefulness, and product graphics users feel satisfied. The results of feasibility assessments, effectiveness tests, and user satisfaction surveys show that E-module development products are very feasible and can be used in Mekanika Teknik at the vocational level. Keywords: Electronic Module, Literacy of Vocational, Mekanika Teknik, Vocational student

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Riyan Arthur,M.Pd ; 2). Dra. Daryati,M.T
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 18652 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2023 02:57
Last Modified: 04 Sep 2023 02:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40898

Actions (login required)

View Item View Item