PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KONSELING KELOMPOK COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY (CBT) UNTUK MEMBANTU SISWA YANG MENGALAMI KESEPIAN SAAT MENGHADAPI SITUASI KEDUKAAN

Mardy Handika, . (2023) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KONSELING KELOMPOK COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY (CBT) UNTUK MEMBANTU SISWA YANG MENGALAMI KESEPIAN SAAT MENGHADAPI SITUASI KEDUKAAN. Magister thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
cover watermark.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN WATERMARK.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA WATERMARK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN WATERMARK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN WATERMARK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN WATERMARK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA WATERMARK.pdf

Download (307kB)
[img] Text
lampiran dan riwayat hidup watermark-compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian yang dilakukan merupakan pengembangan buku panduan konseling kelompok CBT untuk membantu siswa yang mengalami kesepian saat menghadapi situasi kedukaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu siswa yang mengalami kesepian saat menghadapi situasi kedukaan dengan menggunakan konseling kelompok CBT. Desain penelitian ini dengan menggunakan metode Design Based Research (DBR). Desain ini digunakan karena pada desain ini dianggap sistematis dalam merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi intervensi pendidikan. Sampel pada penelitian ini adalah siswa MAS Kafila International Islamic School Jakarta sebanyak 15 Orang yang sudah disesuaikan dengan kriteria dalam penelitian yaitu siswa yang orangtua nya sudah meninggal dengan metode simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mengalami kesepian saat menghadapi situasi kedukaan berada pada katagori tinggi yaitu sebesar 53%. Pada pengembangan buku panduan ini dilaksakan melaui tiga tahapan yaitu tahapan analisis dan eksplorasi, desain dan kontruksi, serta evaluasi dan refleksi. Hasil uji ahli materi dan uji keterbacaan oleh pengguna memperoleh nilai sebesar 91,25 % dan 96, 75 % artinya hasil uji ini dapat dikatakan sangat layak dan buku panduan dapat digunakan. Jika di reratakan untuk kedua uji ahli materi dan uji ahli keterbacaan sebesar 94 % yang berarti sangat layak untuk digunakan, sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan buku panduan yang dilakukan sangat layak untuk digunakan. ***** The research carried out is the development of a CBT group counseling guidebook to help students who experience loneliness when dealing with grief situations. The purpose of this research is to help students who experience loneliness when facing grief situations by using CBT group counseling. This research design uses the Design Based Research (DBR) method. This design is used because this design is considered systematic in designing, developing, and evaluating educational interventions. The sample in this study were 15 MAS Kafila International Islamic School Jakarta students who had been adjusted to the criteria in the study, namely students whose parents had died using the simple random sampling method. The results showed that students who experienced loneliness when facing grief situations were in the high category, namely 53%. The development of this guidebook was carried out through three stages, namely the stages of analysis and exploration, design and construction, as well as evaluation and reflection. The results of the material expert test and user legibility test obtained values of 91.25% and 96.75%, meaning that the results of this test can be said to be very feasible and the guidebook can be used. If it is averaged for both the material expert test and the readability expert test it is 94% which means it is very feasible to use, so it can be concluded that the development of the guidebook carried out is very feasible to use.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Susi Fitri, M.Si.,Kons; 2). Dr. Eka Wahyuni, MAAPD
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S2 Bimbingan Konseling
Depositing User: Users 19764 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2023 01:59
Last Modified: 04 Sep 2023 01:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40905

Actions (login required)

View Item View Item