PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH TEKNIK PENYEHATAN BERBASIS E-MODUL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

SYANIA SYIFA FAUZIAH, . (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH TEKNIK PENYEHATAN BERBASIS E-MODUL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (708kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (364kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (735kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (396kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis E-Modul pada mata kuliah Teknik Penyehatan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan yang dapat membantu dosen dalam menyampaikan materi kuliah dan mempermudah mahasiswa memahami materi pelajaran. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah riset dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan yang digunakan adalah 4D. (1) Define, (2) Design, (3) Develop, (4) Disseminate. Penelitian ini menggunakan kuisioner sebagai alat untuk menguji kelayakan produk oleh ahli media dan ahli materi. Hasil dari pengembangan terdapat 5 modul elektronik dengan format HTML (HyperText Markup Language) sesuai RPS Mata Kuliah Teknik Penyehatan. Materi pada modul terdiri dari kesehatan lingkungan pemukiman, macam-macam limbah cair, pengolahan limbah cair, macam-macam limbah padat, dan pengolahan limbah padat. Hasil validasi oleh ahli media mendapatkan rata-rata persentase sebesar 95,38% dengan kategori “Sangat Layak” dan hasil validasi oleh ahli materi mendapatkan rata-rata persentase sebesar 91,36% dengan kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan hasil kelayakan dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis modul elektronik pada mata kuliah Teknik Penyehatan telah layak digunakan untuk proses pembelajaran. ***** This study aims to develop teaching materials based on E-Modules for the Sanitation Engineering course in the Building Engineering Education Study Program which can assist lecturers in delivering lecture material and make it easier for students to understand the subject matter. The method used in this research is research and development (R&D) with the development model used is 4D. (1) Define, (2) Design, (3) Develop, (4) Disseminate. This study uses a questionnaire as a tool to test the feasibility of the product by media experts and material experts. The results of the development are 5 electronic modules with HTML (HyperText Markup Language) format according to the RPS for Sanitary Engineering Courses. The material in the module consists of residential environmental health, types of liquid waste, management of liquid waste, types of solid waste, and solid waste management. The validation results by media experts obtained an average percentage of 95.38% in the "Very Eligible" category and the validation results by material experts obtained an average percentage of 91.36% in the "Very Eligible" category. Based on the feasibility results, it can be concluded that electronic module-based teaching materials in Sanitary Engineering courses are appropriate for use in the learning process.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Henita Rahmayanti, M. Si ; 2). R. Eka Murtinugraha , S.Pd., M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Sipil
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Lingkungan, Teknik Sanitasi
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 18637 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2023 05:20
Last Modified: 04 Sep 2023 05:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40908

Actions (login required)

View Item View Item