TEORI PERMAINAN KOMBINATORIAL PADA TAHAP AKHIR PERMAINAN CATUR (KASUS KHUSUS : BIDAK RAJA DAN PION)

FELITA FRANCESCA, . (2023) TEORI PERMAINAN KOMBINATORIAL PADA TAHAP AKHIR PERMAINAN CATUR (KASUS KHUSUS : BIDAK RAJA DAN PION). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (683kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini menjelaskan teori permainan kombinatorial yang digunakan dalam tahap akhir permainan catur. Penggunaan teori tersebut berhubungan dengan aljabar permainan dan operasi hitungnya. Aljabar permainan menghasilkan nilai permainan yang dapat menentukan pemenang permainan. Jika nilai permainan > 0, pemain Putih akan menang. Jika nilai permainan < 0, pemain Hitam akan menang. Jika nilai permainan = 0, pemain yang bergerak kedua akan menang. Skripsi ini juga memberikan beberapa studi kasus untuk berbagai jenis nilai permainan, baik bilangan bulat, nilai infinitesimal, maupun bukan keduanya/terdefinisi. Studi kasus mencakup kasus tunggal, kasus majemuk yang membutuhkan penjumlahan permainan, dan kasus permainan tak terdefinisi. Penulis juga menambahkan langkah penentuan dan simulasi komputer untuk mencari nilai permainan. ***** This thesis examines the application of combinatorial game theory in chess endgame, focusing on the algebraic aspects of games and their arithmetic operations. The algebraic framework generates a game value that determines the game's winner. A positive value favors the White player, a negative value favors the Black player, and a value of zero favors the player who made the second move. The thesis provides diverse case studies covering different game value types - integers, infinitesimal, and defined value. Case studies include single case, multiple case requiring the addition of game values, and undefined game cases. Additionally, the author introduces a determination process and computer simulations to find the game values.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Eti Dwi Wiraningsih, S.Pd., M.Si. ; 2). Ibnu Hadi, M.Si.
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Matematika
Depositing User: Users 19138 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2023 05:29
Last Modified: 06 Sep 2023 05:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40913

Actions (login required)

View Item View Item