PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH ILMU UKUR TANAH I BERBASIS E-MODUL PADA PRODI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

RAKA HAIKAL, . (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH ILMU UKUR TANAH I BERBASIS E-MODUL PADA PRODI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (959kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (354kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk bahan ajar berbasis E-modul pada mata kuliah ilmu ukur tanah I. Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan teknologi dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Seorang tenaga pendidik harus dapat memodernisasikan sistem pendidikan, karena sistem pendidikan konvensional dirasa kurang relevan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penelitian ini menggunakan metode Reseacrh and Development (R&D) dengan mengadaptasi model 4D yang terdiri dari empat tahap, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini dimulai dari analisis kebutuhan, kemudian perancangan produk, lalu uji kelayakan produk yang dilakukan oleh tiga orang ahli materi dan tiga orang ahli media, dan terakhir uji coba terbatas yang dilakukan kepada 15 orang mahasiswa yang telah mengambil mata kuliah ilmu ukur tanah I. Berdasarkan hasil uji kelayakan yang dilakukan oleh ahli materi diperoleh presentasi rata-rata sebesar 89,01% dengan kategori sangat layak dan hasil validasi media diperoleh presentasi sebesar 92,84% dengan kategori sangat layak. Selanjutnya, berdasarkan hasil uji coba terbatas yang dilakukan kepada 15 orang mahasiswa menunjukan adanya peningkatan hasil belajar sebesar 35,73% dan hasil uji n-gain didapatkan nilai sebesar 0,68 dengan kategori tingkat n-gain sedang. Dapat disimpulkan berdasarkan penilaian ahli dan uji coba terbatas, E-modul ilmu ukur tanah I layak digunakan dalam pembelajaran mata kuliah ilmu ukur tanah I di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta. ***** This study aims to develop E-module-based teaching material products in the land measurement science I course. This research is motivated by the development of technology in an effort to improve the quality of education. An educator must be able to modernize the education system, because the conventional education system is less relevant to the advancement of science and technology. This research uses the Reseacrh and Development (R&D) method by adapting the 4D model which consists of four stages, namely define, design, develop, and disseminate. This research starts from analyzing the needs, then designing the product, then testing the feasibility of the product conducted by three material experts and three media experts, and finally a limited trial conducted to 15 students who have taken the land measurement science I course. Based on the results of the feasibility test conducted by material experts, an average presentation of 89.01% was obtained with a very feasible category and the results of media validation obtained a presentation of 92.84% with a very feasible category. Furthermore, based on the results of a limited trial conducted on 15 students, it shows an increase in learning outcomes of 35.73% and the n-gain test results obtained a value of 0.68 with a moderate n-gain level category. It can be concluded that based on expert assessment and limited trials, the E-module of land measurement science I is feasible to use in learning land measurement science I courses at the Jakarta State University Building Engineering Education Study Program.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Santoso Sri Handoyo, M.T. ; 2). R. Eka Murtinugraha, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Sipil
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 18639 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2023 23:41
Last Modified: 04 Sep 2023 23:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40919

Actions (login required)

View Item View Item