PENGEMBANGAN GAME EDUKATIF BERBASIS WEB UNTUK MATA PELAJARAN FISIKA SMA KELAS X

BADRYATUSYAHRYAH, . (2023) PENGEMBANGAN GAME EDUKATIF BERBASIS WEB UNTUK MATA PELAJARAN FISIKA SMA KELAS X. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (408kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (854kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (298kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media game edukatif berbasis web beserta dengan buku panduan penggunaan untuk mata pelajaran fisika SMA Kelas X untuk materi gerak lurus yang dinamakan Gamphy Learning, di mana nama tersebut diambil dari kata "Game" dan "Physics" dalam Bahasa Inggris. Media ini berbasis website yang dapat diakses melalui tautan bit.ly/GamphyLearning, di mana didalam media ini terdapat tantangan dalam bentuk latihan soal dan setiap melewati tantangan tersebut akan naik ke level selanjutnya, bertujuan untuk mengasah kemampuan matematis siswa dalam pembelajaran fisika khususnya materi gerak lurus. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan SAM 1 yang diawali dengan melakukan analisis kebutuhan (Evaluate) melalui observasi dan wawancara, kemudian mendesain (Design) media yang akan dikembangkan, mengembangkan (Develop) media sehingga menghasilkan produk Gamphy Learning, dan terakhir adalah (Evaluate) melakukan expert review dengan ahli materi, ahli media, dan ahli desain pembelajaran serta melakukan uji efektivitas kepada peserta didik terhadap media yang dikembangkan. Hasil expert review pada ahli media menunjukkan persentase skor 80,00% atau kategori sangat baik dengan skor tertinggi pada aspek tata letak media dan kekontrasan warna teks dengan background. Penilaian ahli materi mendapatkan persentase skor 76,36% atau kategori baik dengan skor tertinggi pada aspek kejelasan uraian materi dan kesesuaian contoh. Penilaian ahli desain pembelajaran mendapatkan persentase skor 78,66% atau kategori baik dengan skor tertinggi pada aspek kejelasan pendahuluan, kesesuaian media dan keruntutan materi. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media Gamphy Learning layak untuk digunakan. Kemudian media diujicobakan kepada peserta didik kelas X di SMA Muhammadiyah 18 Jakarta, yaitu melalui uji coba one to one dengan persetase skor sebesar 83,6%, uji kelompok kecil dengan skor 89 dan uji lapangan atau uji efektivitas didapatkan 73% peningkatan hasil belajar peserta didik sehingga dapat dikatakan media pembelajaran Gamphy Learning cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar fisika kelas X SMA. This study aims to produce a web-based educational game media along with a user manual for grade 10 high school physics for straight motion material called Gamphy Learning, where the name is taken from the words "Game" and "Physics" in English. This media is website-based which can be accessed via the bit.ly/GamphyLearning link, where in this media there are challenges in the form of practice questions and every time you pass these challenges you will go to the next level, aiming to hone students' mathematical abilities in learning physics, especially straight motion material . The development model used in this study is the SAM 1 development model which begins with conducting a needs analysis (Evaluate) through observation and interviews, then designing (Design) the media to be developed, developing (Develop) the media to produce Gamphy Learning products, and finally is (Evaluate) conducting expert reviews with material experts, media experts, and learning design experts as well as conducting effectiveness tests on students on the media being developed. The results of the expert review on media experts showed a score percentage of 80.00% or a very good category with the highest score on the aspect of media layout and text color contrast with the background. The material expert's assessment obtained a score percentage of 76.36% or the good category with the highest score in the aspects of clarity of material description and suitability of examples. The learning design expert's assessment obtained a score percentage of 78.66% or the good category with the highest score on the aspects of preliminary clarity, media suitability and material coherence. It can be concluded that Gamphy Learning media is feasible to use. Then the media was tested on grade 10 students at SMA Muhammadiyah 18 Jakarta, namely through one to one trials with a score percentage of 83.6%, small group tests with a score of 89 and field tests or effectiveness tests obtained 73% increase in student learning outcomes so that it can be said that Gamphy Learning learning media is quite effective in improving physics learning outcomes for grade 10.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Murni Winarsih, M.Pd. ; 2). Dr. Cecep Kustandi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Fisika
Divisions: PASCASARJANA > S2 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 19703 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2023 02:26
Last Modified: 04 Sep 2023 02:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40955

Actions (login required)

View Item View Item