PENGEMBANGAN SELF HELP BOOK COMPASSION FOCUSED THERAPY UNTUK MENGURANGI KRITIK DIRI PADA MAHASISWA

DEWITA RAMADANI, . (2023) PENGEMBANGAN SELF HELP BOOK COMPASSION FOCUSED THERAPY UNTUK MENGURANGI KRITIK DIRI PADA MAHASISWA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (866kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (81kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk membuat media berupa self help book compassion focused therapy untuk mengurangi kritik diri pada mahasiswa. Pengembangan self help book untuk mengurangi kritik diri menggunakan tahapan-tahapan dari CFT yang dikembangkan oleh Rusell L. Kolts. Terdapat tujuh tahapan yang digunakan dalam pembahasan self help book yaitu; pemahaman welas asih: tiga jenis emosi, pemahaman welas asih: the social shaping of the self, kesadaran welas asih: mengembangkan mindfulness, berkomitmen pada welas asih: bekerja dengan kritik diri, menumbuhkan diri yang welas asih, pemikiran dan penalaran welas asih dan menggunakan gambaran diri yang welas asih. Penelitian ini menggunakan Design Based Research model reeves. Subjek dalam penelitian ini adalah Mahasiswa S1 angkatan 2018-2021 Universitas Negeri Jakarta. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 68% mahasiswa mengkritik diri berada pada kategori sedang. Jika dilihat dari rata-rata keseluruhan dari masing-masing aspek mahasiswa mengalami kritik diri pada aspek diri yang tidak memadai (inadequate self) sebesar 23,1. Asesmen kebutuhan self help book memperoleh nilai 55% mahasiswa tidak tahu mengenai self help book, sebesar 80% mahasiswa tidak pernah membaca self help book dan sebesar 97% mahasiswa tertarik untuk membaca self help book compassion focused therapy untuk mengurangi kritik diri pada mahasiswa. Kemudian uji materi memperoleh nilai 89,28% termasuk dalam kategori sangat layak, uji media memperoleh nilai sebesar 91,25% berada pada kategori sangat layak dan uji keterbacaan memperoleh nilai sebesar 85,75% berada pada kategori sangat layak. Berdasarkan keseluruhan penilaian pengembangan self help book compassion focused therapy untuk mengurangi kritik diri pada mahasiswa layak untuk digunakan oleh mahasiswa. ***** The purpose of this research is to create media in the form of self-help book compassion focused therapy to reduce self-criticism in students. Development of a self-help book to reduce self-criticism using the stages of CFT developed by Rusell L. Kolts. There are seven stages used in the discussion of self-help books, namely; compassionate understanding: three types of emotions, compassionate understanding: the social shaping of the self, compassionate awareness: developing mindfulness, committing to compassion: working with self-criticism, cultivating a compassionate self, compassionate thinking and reasoning and using compassionate self-image. This study used the Design Based Research model reeves. The subjects in this study are S1 student class of 2018-2021 at Jakarta State University. Data collection using questionnaires and document analysis. The results showed that 68% of students criticized themselves in the medium category. When viewed from the overall average of each aspect, students experience self-criticism on the inadequate self-aspect of 23.1. The assessment of self-help book needs obtained a score of 55% of students do not know about self-help books, 80% of students have never read self-help books and 97% of students are interested in reading self-help books compassion focused therapy to reduce self-criticism in students. Then the material test obtained a value of 89.28% included in the very decent category, the media test obtained a value of 91.25% was in the very feasible category and the readability test obtained a value of 85.75% was in the very feasible category. Based on the overall assessment of the development of self-help book, compassion focused therapy to reduce self-criticism in students is suitable for use by students.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Eka Wahyuni, S. Pd., MAAPD ; 2). Prof. Dede Rahmat Hidayat, M. Psi, Ph. D
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S2 Bimbingan Konseling
Depositing User: Users 20205 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2023 23:27
Last Modified: 06 Sep 2023 23:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41333

Actions (login required)

View Item View Item