PENERAPAN E-MODUL MATERI AJAR TANAH DAN KARAKTERISTIK TANAH PADA MATA KULIAH MEKANIKA TANAH PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

MUHAMMAD ZAHDIAN RAMZI, . (2023) PENERAPAN E-MODUL MATERI AJAR TANAH DAN KARAKTERISTIK TANAH PADA MATA KULIAH MEKANIKA TANAH PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (982kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (250kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy

Abstract

Adanya inovasi teknologi dalam pembelajaran merupakan sebuah upaya untuk meningkatkan penyampaian materi dengan baik kepada peserta didik. E-modul adalah salah satu dari inovasi teknologi. Pada penilitian ini akan dilakukan penerapan e-modul, materi ajar tanah dan karakteristik tanah untuk mengetahui apakah materi pada e-modul dapat membantu mahasiswa dalam peningkatan hasil belajar mahasiswa. Metode yang digunakan adalah metoden design one group pretest posttest. Penerapan akan dilakukan dengan diberikan pretest dan posttest serta pembahasan materi yang ada pada e-modul Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa penerapan e-modul yang sudah dilakukan menggunakan pretest dan posttest didapatkan peningkatan terhadap hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan rumus N-Gain. Ditetapkan nilai n-gain yang didapat jika G >0,7 (lebih dari 0,7) dikatakan hasil peningkatan tinggi, sedangkan jika nilai G <0,3 (kurang dari 0,3) hasil peningkatan rendah. Didapatkan nilai 0,72 termasuk kategori tinggi, yang artinya penerapan e-modul ini terjadi peningkatan yang signifikan dan membantu kegiatan pembelajaran Mekanika Tanah. ***** The presence of technological innovation in education is an effort to enhance the effective delivery of materials to students. E-modules are one of the technological innovations. In this study, the application of e-modules will be carried out for teaching soil and soil characteristics to determine whether the material in the e-module can assist students in improving their learning outcomes. The method used is the design one group pretest posttest method. Implementation will be conducted by administering pretests and posttests as well as discussing the materials provided in the e-module. Based on the research results, it is shown that the implementation of the e-module, which was carried out using pretests and posttests, resulted in an improvement in students' learning outcomes, as measured by the N-Gain formula. An N-Gain value is considered high if G > 0.7, indicating significant improvement, while if the value of G < 0.3, it indicates low improvement. A value of 0.72 was obtained, which falls into the high category. This means that the implementation of the e-module led to a significant improvement and aided the learning activities related to Soil Mechanics.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Santoso Sri Handoyo, M.T. ; 2). Dra. Rosmawita Saleh, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 19669 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2023 06:06
Last Modified: 06 Sep 2023 06:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41348

Actions (login required)

View Item View Item