PENERAPAN KONSELING BEHAVIORAL TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA TAHUN PERTAMA DI SMP NEGERI

MEIGA LATIFAH PUTRI PERMADIN, . (2023) PENERAPAN KONSELING BEHAVIORAL TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA TAHUN PERTAMA DI SMP NEGERI. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (628kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (551kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya penyesuain diri pada siswa tahun pertama di SMP Negeri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan konseling individual dengan pendekatan behavioral teknik self-management untuk meningkatkan penyesuaian diri pada siswa tahun pertama di SMP Negeri. Desain penelitian eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Single Subject Research (SSR) dengan jenis subjek tunggal (single subject design). Subjek penelitian ini adalah dua orang siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kelapa Dua. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen Adjustment Inventory for School Students (AISS) dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan penyesuaian diri terhadap siswa yang diberi layanan konseling individual dengan pendekatan behavioral teknik self-management untuk meningkatkan penyesuaian diri pada siswa tahun pertama di SMP Negeri. Hasil pretest skor dari konseli PP ialah 11, dan hasil skor posttest ialah 45. Sedangkan hasil pretest skor dari konseli AH ialah 12 dan hasil skor posttest ialah 39. Berdasarakan dari hasil pretest dan posttest pada konseli PP dan AH terdapat kenaikan yang signifikan terhadap aspek penyesuaian diri siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya perubahan kedua subjek setelah pelaksanaan konseling. Dapat disimpulkan bahwa konseling individual dengan pendekatan behavioral teknik self-management efektif digunakan dalam meningkatkan penyesuaian diri pada siswa tahun pertama di SMP Negeri. ***** The problem in this study is the lack of self-adjustment in first-year students at State Junior High School. The purpose of this study was to determine the use of individual counseling with a behavioral approach to self-management techniques to improve self-adjustment in first-year students at State Junior High School. The experimental research design used in this study is Single Subject Research (SSR) with a single subject design. The subjects of this study were two seventh grade students of SMP Negeri 2 Kelapa Dua. Data collection techniques using the Adjustment Inventory for School Students (AISS) instrument and interviews. The results showed an increase in self-adjustment for students who were given individual counseling services with a behavioral approach to self-management techniques to improve self-adjustment in first-year students at State Junior High School. The results of the pretest score from PP's counselee were 11 and the posttest result was 45. Meanwhile, the results of the pretest score from AH's counselee were 12 and the posttest result was 39. Based on the results of the pretest and posttest on PP and AH's counselees, there was a significant increase in aspects of student self-adjustment. This is evidenced by the changes in the two subjects after the implementation of counseling. It can be concluded that individual counseling with a behavioral approach to self-management techniques is effective in improving self-adjustment in first-year students at State Junior High School.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Happy Karlina Marjo, M.Pd., Kons. ; 2). Prof. Dede Rahmat Hidayat, M.Psi.,Ph.D
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S2 Bimbingan Konseling
Depositing User: Users 20262 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2023 23:55
Last Modified: 08 Sep 2023 05:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41470

Actions (login required)

View Item View Item