PENGEMBANGAN MEDIA ASYIK MEMBACA (ASICA) BERBASIS ANDROID UNTUK KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA PESERTA DIDIK LAMBAN BELAJAR

KHAYLA PUTRI DWI SARI, . (2023) PENGEMBANGAN MEDIA ASYIK MEMBACA (ASICA) BERBASIS ANDROID UNTUK KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA PESERTA DIDIK LAMBAN BELAJAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (321kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian karya inovatif ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android yang diberi nama Asyik Membaca (ASICA) sebagai media pembelajaran membaca permulaan untuk peserta didik lamban belajar kelas III di SD Negeri 1 Sukaraja. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Research and Development dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE (Analisis, Design, Deveploment, Implementation, Evaluation). Tinjauan dari para ahli pada media yang dikembangkan didapatkan hasil rerata sebesar 77,50% termasuk ke dalam kategori layak. Evaluasi formatif melalui uji coba one to one evaluation. Peningkatan dan penyempurnaan media (ASICA) telah dilakukan berdasarkan evaluasi formatif. Uji coba one to one evaluation mendapatkan hasil sebesar 84% termasuk ke dalam kategori sangat layak. Berdasarkan nilai rata-rata yang didapatkan, maka dapat disimpulkan bahwa media Asica (Asyik Membaca) dinyatakan sangat layak dan dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran membaca permulaan bagi peserta didik lamban belajar. ***** This innovative work research aims to develop an android-based learning media named Asyik Membaca (ASICA) as a learning media for beginning reading for slow learning grade III students at SD Negeri 1 Sukaraja. The method used in this research is the Research and Development method by adapting the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Reviews from experts on the media obtained an average of 77.50%, including in the excellent category of formative evaluation through one-to-one evaluation. Improvement and refinement of the media (ASICA) have been made based on the formative assessment. The one-to-one evaluation trial obtained a result of 83%, including in the outstanding category. Based on the average value obtained, Asica (Asyik Membaca) media is declared very feasible and can be used as one of the learning media for early reading for slow learners.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Leliana Lianty, M.Pd. ; 2). Riana Bagaskorowati, Ph.D.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 20279 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2023 00:42
Last Modified: 08 Sep 2023 00:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41847

Actions (login required)

View Item View Item