PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN HOTS MATERI TRIGONOMETRI SMA KELAS X PADA ASPEK KEMAMPUAN ABSTRAKSI MATEMATIS SESUAI DENGAN KONTEKS BUDAYA KEPULAUAN RIAU

DWI RISMI OCY, . (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN HOTS MATERI TRIGONOMETRI SMA KELAS X PADA ASPEK KEMAMPUAN ABSTRAKSI MATEMATIS SESUAI DENGAN KONTEKS BUDAYA KEPULAUAN RIAU. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (831kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Minimnya tersedia alat asesmen yang efektif mengukur kemampuan berpikir abstrak siswa dalam matematika, khususnya dalam konteks trigonometri, menyebabkan sulit bagi pendidik untuk secara akurat menilai kemampuan abstraksi matematis siswa dan memberikan instruksi yang ditargetkan untuk meningkatkan keterampilan mereka pada bidang ini. Studi ini merupakan studi pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D yakni Define, Design, dan Develop. 30 item pada instrumen yang terdiri dari 8 soal esai dan 22 soal pilihan ganda. Instrumen yang dihasilkan kemudian divalidasi oleh 3 profesional yang berkualifikasi dalam bidang evaluasi dan pendidikan matematika, dan instrumen tersebut direvisi sesuai tanggapan umpan balik dan rekomendasi mereka. Hasil validasi expert judgement adalah 25 item pada instrumen dikategorikan valid secara kontruk dan isi. Selanjutnya dilakukan uji panelis terhadap instrumen, uji panelis terdiri dari 17 ahli dan guru matematika untuk memvalidasi 25 item yang sebelumnya sudah tervalidasi expert judgement. Adapun 25 butir tersebut yang terdiri dari 6 butir soal uraian dan 19 butir pilihan ganda. Analisis validasi panel, berdasarkan nilai indeks CVR untuk setiap item, 25 item yang dikembangkan telah dianggap layak untuk dilakukan uji lebih lanjut, yakni uji lapangan skala kecil dan besar. Uji lapangan skala kecil dilakukan dengan jumlah responden sebanyak 22 siswa, yang dibagi menjadi 11 siswa untuk instrumen paket A dan 11 siswa untuk Instrumen paket B. Instrumen paket A pada uji lapangan kecil terdiri dari 10 butir pilihan ganda dan 3 butir uraian, sementara instrumen paket B terdiri dari 9 butir pilihan ganda dan 3 butir uraian. Hasil dari uji skala kecil adalah minimnya waktu yang diberikan membuat siswa tidak dapat mengerjakan soal uraian. Sehingga butir soal uraian tidak diujikan pada uji skala besar. Uji skala besar diujikan kepada responden sebanyak 402 siswa yang diambil dari empat sekolah menengah atas yang ada di kota Tanjungpinang, yaitu SMAN 1 Tanjung Pinang, SMAN 2 Tanjung Pinang, SMAS Maitreyawira, dan SMAS Santa Maria. Adapun instrumen uji skala besar terdiri dari instrumen paket A (yang teridiri dari 10 butir pilihan ganda) dan instrumen paket B (terdiri dari 9 butir pilihan ganda). Analisis data uji skala besar dengan menggunakan Rasch Model dibantu dengan software Winsteps. Hasil analisis instrumen paket A dan paket B dengan pemodelan Rasch diperoleh nilai item reliability, person reliability dan Alpha Cronbach. Instrumen Paket A dan Instrumen Paket B memiliki nilai Alpha Cronbach berturut-turut sebesar 0,73 dan 0,75. Hal tersebut mengindikasikan bahwa instrumen paket A dan B memiliki konsistensi internal dengan kategori “cukup dan dapat diterima”. Nilai item reliability paket A dan paket B berturut-turut sebesar 0,97 dan 0,98, dengan kategori “excellent”. Nilai item reliability instrumen paket A dan B mengindikasikan bahwa konsistensi item dalam mengukur indikator kemampuan abstraksi matematis dapat diandalkan. Hal ini diperkuat dengan nilai separation paket A dan paket B sebesar 7,35 dan 6,15. Nilai separation menunjukkan item soal mempunyai kategori sebaran respon yang excellent. Nilai person reliability instrumen paket A dan instrumen paket B berturut-turut adalah 0,70 dan 0,71, dengan kategori “cukup, dapat diterima” dalam analisis Rasch model. Nilai person reliability instrumen paket A dan B menunjukkan bahwa instrumen memiliki stabilitas respons siswa di seluruh item yang berbeda dengan cukup baik. Hasil diagnosis setelah melakukan analisis dengan Rasch, seluruh item pada instrumen memenuhi kriteria item fit order yakni memenuhi nilai outfit MNSQ, outfit ZSTD dan Pt. Measure Corr. Sehingga disimpulkan bahwa Instrumen asesmen kemampuan abstraksi matematis berbasis HOTS sesuai budaya Kepulauan Riau, yakni Instrumen Paket A (10 soal pilihan ganda) dan Instrumen Paket B (9 butir pilhan ganda), dinyatakan valid dan reliabel. ***** The lack of available assessment tools that effectively measure students' abstract thinking skills in mathematics, especially in the context of trigonometry, makes it difficult for educators to accurately assess students' mathematical abstraction abilities and provide targeted instruction to improve their skills in this area. This study is a development study using a 4D development model that is modified into 3D namely Define, Design, and Develop. 30 items on the instrument consisting of 8 essay questions and 22 multiple choice questions. The resulting instrument was then validated by 3 qualified professionals in the fields of evaluation and mathematics education, and the instrument was revised according to their feedback and recommendations. The results of the expert judgment validation were 25 items in the instrument categorized as valid in terms of construct and content. Then a panelist test was carried out on the instrument, the panelist test consisted of 17 experts and mathematics teachers to validate 25 items which had previously been validated by expert judgment. The 25 items consist of 6 item description questions and 19 multiple choice items. Panel validation analysis, based on the CVR index value for each item, the 25 items developed were considered feasible for further testing, namely small and large scale field tests. Small-scale field tests were conducted with 22 students as respondents, which were divided into 11 students for package A instruments and 11 students for package B instruments. Package A instruments for small field tests consisted of 10 multiple choice items and 3 essay items, while package instruments B consists of 9 multiple choice items and 3 essay items. The result of the small-scale test is that the minimum time allotted makes students unable to work on the description questions. So that the description questions were not tested on a large-scale test. The large-scale test was tested on 402 students who were taken from four senior high schools in the city of Tanjungpinang, namely SMAN 1 Tanjung Pinang, SMAN 2 Tanjung Pinang, SMAS Maitreyawira, and SMAS Santa Maria. The large-scale test instruments consist of package A instruments (consisting of 10 multiple choice items) and package B instruments (consisting of 9 multiple choice items). Analysis of large-scale test data using the Rasch Model assisted with Winsteps software. The results of the analysis of package A and package B instruments using Rasch modeling obtained the values of item reliability, person reliability and Cronbach's Alpha. Package A instruments and Package B instruments have Alpha Cronbach values of 0.73 and 0.75, respectively. This indicates that package A and B instruments have internal consistency with the "adequate and acceptable" category. The value of package A and package B reliability items were 0.97 and 0.98 respectively, with the "excellent" category. The item reliability values of package A and B instruments indicate that item consistency in measuring indicators of mathematical abstraction ability is reliable. This is reinforced by the separation value of package A and package B of 7.35 and 6.15. The separation value indicates that the question item has an excellent response distribution category. The personal reliability values of the package A and package B instruments were 0.70 and 0.71, respectively, with the “adequate, acceptable” category in the Rasch model analysis. The personal reliability values of package A and B instruments show that the instrument has quite good stability of student responses across different items. The results of the diagnosis after conducting an analysis with Rasch, all items on the instrument met the fit order item criteria, namely meeting the MNSQ, ZSTD and Pt outfit values. Measure Corr. So it was concluded that the HOTS-based mathematical abstraction ability assessment instruments according to the culture of the Riau Islands, namely the Package A Instrument (10 multiple choice questions) and Package B Instruments (9 multiple choice items), were declared valid and reliable.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Wardani Rahayu, M.Si. ; 2). Dr. Makmuri, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 20337 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2023 01:44
Last Modified: 11 Sep 2023 01:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41872

Actions (login required)

View Item View Item