PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ADMINISTRASI PAJAK KELAS XI MELALUI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI DI JAKARTA TIMUR

VONNY DELIA OKTAVIANA, . (2023) PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ADMINISTRASI PAJAK KELAS XI MELALUI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI DI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (830kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (499kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (827kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (447kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Administrasi Pajak kelas 11 melalui motivasi belajar siswa SMK Negeri di Jakarta Timur. Motode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 122 siswa. Teknik pengujian yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) dan uji hipotesis yang terdiri dari uji T. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kebiasaan belajar terhadap hasil belajar, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kebiasaan belajar terhadap motivasi belajar, tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar, tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kebiasaan belajar terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar. Dari hasil ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kebiasaan belajar siswa, maka semakin tinggi hasil belajar yang diperoleh siswa, dan sebaliknya. Semakin tinggi kebiasaan belajar siswa, maka semakin tinggi motivasi belajar siswanya, dan sebaliknya. Temuan yang diperoleh yaitu tingkat hasil belajar siswa berada dalam kategori tinggi, sedangkan tingkat kebiasaan belajar dan motivasi belajar siswa termasuk kategori sedang. Rekomendasi bagi siswa, untuk meningkatkan hasil belajar, sebaiknya siswa menyusun jadwal belajar selain di sekolah, baik belajar secara mandiri maupun berkelompok. Kemudian untuk meningkatkan kebiasaan belajar, siswa sebaiknya mampu mengikuti kegiatan pembelajaran dan dapat melaksanakan jadwal belajar yang sudah dibuat. Dan terakhir, untuk meningkatkan motivasi belajar, sebaiknya siswa memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan sikap pantang menyerah ketika dihadapi persoalan yang sulit, sehingga siswa dapat mencari jalan keluar atau jawaban dari persoalan yang ia dapat. Serta bagi penelitian selanjutnya, diharapkan meneliti faktor-faktor hasil belajar lain, seperti teman sebaya, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, minat, dan sebagainya agar dapat memperluas ilmu pengetahuan khususnya faktor apa saja yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Kata kunci: Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar, Motivasi Belajar *** This study aims to examine the effect of study habits on learning outcomes in the 11th grade Tax Administration subject through the learning motivation of students at State Vocational Schools in East Jakarta. The method used is a quantitative method. The sampling technique used proportional random sampling so that a sample of 122 students was obtained. The testing technique used is path analysis and hypothesis testing which consists of a T test. The results of this study indicate that there is a positive and significant influence between study habits on learning outcomes, there is a positive and significant influence between study habits on learning motivation, there is no significant effect between learning motivation on learning outcomes, there is no significant effect between study habits on learning outcomes through learning motivation. These results indicate that the higher the student's study habits, the higher the student's learning outcomes, and vice versa. The higher the student's study habits, the higher the student's learning motivation, and vice versa. The findings obtained are that the level of student learning outcomes is in the high category, while the level of study habits and student motivation is in the moderate category. Recommendations for students, to improve learning outcomes, students should develop a study schedule other than at school, both studying independently and in groups. Then to improve study habits, students should be able to participate in learning activities and be able to carry out the study schedule that has been made. And finally, to increase learning motivation, students should have a high curiosity and an unyielding attitude when faced with difficult problems, so that students can find solutions or answers to the problems they get. As well as for further research, it is expected to examine other learning outcomes factors, such as peers, family environment, school environment, interests, and so on in order to broaden knowledge, especially what factors can influence student learning outcomes. Keywords: Study Habits, Learning Outcomes, Learning Motivation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sri Zulaihati, M.Si ; 2). Ati Sumiati, S.Pd., M.Si
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 20427 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2023 02:20
Last Modified: 10 Sep 2023 02:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41894

Actions (login required)

View Item View Item