WEBSITE FIDIKENYA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA KONTEKSTUAL DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

NI MADE AYU DIARTI PUTRI ARTASYA, . (2023) WEBSITE FIDIKENYA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA KONTEKSTUAL DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (637kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (708kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (326kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

*ABSTRAK* -------- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan website “FIDIKENYA” sebagai media pembelajaran fisika kontekstual dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Produk akhir dari penelitian ini berupa rancangan website media pembelajaran fisika yang disajikan menggunakan situs web wix.com dan dapat diakses dengan mudah oleh peserta didik menggunakan perangkat elektronik yang mendukung. Produk akhir dari penelitian ini berupa website FIDIKENYA sebagai media pembelajaran fisika kontekstual yang dikembangkan melalui domain website wix.com. Berdasarkan hasil uji validasi yang dilakukan dengan melibatkan para ahli, diperoleh persentase hasil akhir dari ahli materi sebesar 84,21% dengan interpretasi sangat valid, hasil akhir dari ahli media 1 sebesar 85% dengan interpretasi sangat valid, dan hasil akhir dari ahli media 2 sebesar 88% dengan interpretasi sangat valid. Kemudian, produk diuji coba kepada guru fisika dan peserta didik yang mendapatkan hasil akhir sebesar 86,58% dengan skala interpretasi “Sangat Baik”, serta hasil pada uji coba kepada peserta didik sebesar 90,19% dengan interpretasi “Sangat Baik”. Berdasarkan penelitian ini, disimpulkan bahwa website FIDIKENYA sebagai media pembelajaran fisika kontekstual dalam kehidupan sehari-hari dinyatakan valid dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran mandiri. Kata-kata kunci: website, media pembelajaran, pembelajaran kontekstual, fisika *ABSTRACT* --------- This study aims to develop the "FIDIKENYA" website as a media for contextual learning of physics in everyday life using the ADDIE development model (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The final product of this research is in the form of a physics learning media website design that is presented using the wix.com website and can be accessed easily by students using supporting electronic devices. The final product of this research is the FIDIKENYA website as a physics contextual learning medium developed through the wix.com website domain. Based on the results of the validation test carried out involving experts, the percentage of final results obtained from material experts was 84.21% with very valid interpretations, the final results from media experts 1 were 85% with very valid interpretations, and the final results from media experts 2 were 88% with a very valid interpretation. Then, the product was tested on physics teachers and students who got a final result of 86.58% with a "Very Good" interpretation scale, as well as a trial result on students of 90.19% with a "Very Good" interpretation. Based on this research, it was concluded that the FIDIKENYA website as a media for contextual learning of physics in everyday life is declared valid and can be used as an independent learning medium. Key words: website, learning media, contextual learning, physics.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Hadi Nasbey, S.Pd., M.Si. 2) Dr. Esmar Budi, M.T.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 20060 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2023 23:51
Last Modified: 10 Sep 2023 23:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41908

Actions (login required)

View Item View Item