PENGEMBANGAN LKPD PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS STEM-PJBL PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN

FIRMAN PRASTIAWAN, . (2023) PENGEMBANGAN LKPD PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS STEM-PJBL PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (390kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan pendidikan di abad ke-21 yang menuntut siswa dalam menguasai keterampilan 4Cs (creative thingking, critical thingking, collaboration, communication) khususnya dalam bidang fisika. Karakter pembelajaran fisika yang memerlukan pemebelajaran yang aktif dan interaktif dapat diimplementasikan melalui kegiatan pembuatan proyek untuk peserta didik. Materi energi terbarukan menjadi materi yang digunakan karena dapat membangkitkan minat peserta didik dalam menanggapi isu lingkungan dalam sehari-hari. Salah satu media pembelajaran yang efektif adalah LKPD dengan menggunakan desain STEM-PjBL. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa layak LKPD berbasis STEM-PjBL sebagai media belajar yang dapat menjadi sarana untuk membantu guru pada materi energi terbarukan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian (R&D) Research and Development dengan model ADDIE dengan sampel penelitian ini adalah siswa SMA kelas X. ***** This research is motivated by the development of education in the 21st century, which demands students to master the 4Cs skills (creative thinking, critical thinking, collaboration, communication), particularly in the field of physics. The nature of physics learning requires active and interactive teaching methods that can be implemented through project-based activities for students. Renewable energy is chosen as the subject matter because it can generate students' interest in responding to environmental issues in their daily lives. One effective instructional media is the Learning Material Development Worksheet (LKPD) designed based on STEM-PjBL (Science, Technology, Engineering, and Mathematics-Project-based Learning) principles. The aim of this research is to assess the suitability of STEM-PjBL-based LKPD as a learning media, which can serve as a recommendation to assist teachers in teaching renewable energy topics. This study adopts the Research and Development (R&D) method, using the ADDIE model. The research sample consists of 10th-grade high school students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dewi Muliyati, S.Pd., M.Si., M.Sc. ; 2). Dr. Firmanul Catur Wibowo, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 19968 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2023 06:23
Last Modified: 08 Sep 2023 06:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41918

Actions (login required)

View Item View Item