INTEGRASI MODEL PEMBELAJARAN STEM-PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBUATAN HIDROPONIK PADA MATERI PENYANGGA UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS

HARITS ASADUDDIN AKMAL, . (2023) INTEGRASI MODEL PEMBELAJARAN STEM-PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBUATAN HIDROPONIK PADA MATERI PENYANGGA UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (897kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (295kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

*ABSTRAK* -------- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan proses sains dalam pembuatan hidroponik pada pembelajaran kimia materi penyangga. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Integrasi STEM-PjBL diaplikasikan dalam kelas XI5 (IPA) SMA Negeri 5 Kota Bekasi dengan partisipan penelitian berjumlah 36 peserta didik. Penelitian ini terdiri dari lima langkah yaitu refleksi, riset, penemuan, penerapan, dan komunikasi (Laboy-Rush, 2010). Hidroponik berbasis media tanam masker digunakan sebagai proyek STEM pada materi penyangga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui tes keterampilan proses sains, wawancara, jurnal reflektif, dan lembar observasi. Keterampilan proses sains yang diteliti memiliki 11 aspek yaitu pengamatan, klasifikasi, pengukuran dan penggunaan angka, membuat inferensi, menentukan prediksi, komunikasi, menafsirkan data, mendefinisikan secara operasional, mengontrol variabel, pembentukan hipotesis, dan bereksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 8 aspek berkembang dan 3 aspek belum berkembang. Integrasi STEM-PjBL menstimulus siswa untuk melakukan pengamatan, membedakan objek sesuai kategori dalam pembelajaran kimia pada materi penyangga, menggunakan alat laboratorium sesuai prosedur, membuat ringkasan yang berisi inti-inti informasi, menentukan kemungkinan yang terjadi, menyampaikan ide dan gagasan, menyampaikan data hasil pengamatan hidroponik, menyusun prosedur pembuatan proyek STEM hidroponik, menentukan variabel yang berpengaruh, membuat dugaan awal, serta melakukan percobaan sesuai dengan prosedur. *ABSTRACT* --------- This study aims to develop science process skills in the manufacturing of hydroponics in chemistry class' on buffer. This research was conducted in the second semester of the 2022/2023 academic year. STEM-PjBL integration was applied in class XI5 (Science) SMA Negeri 5 Bekasi City with 36 research participants. This research consists of five steps, namely reflection, research, discovery, application, and communication (Laboy-Rush, 2010). Hydroponics based on mask growing media is used as a STEM project on buffer materials. This study used qualitative research methods. Data collection techniques through science process skills tests, interviews, reflective journals, and observation sheets. The science process skills studied have 11 aspects, namely observation, classification, measurement and use of numbers, making inferences, making predictions, communicating, data manipulation, operationally defining, controlling variables, forming hypotheses, and modifying. The results showed that 8 aspects were developing and 3 aspects had not been developed. STEM-PjBL integration stimulates students to make observations, distinguish objects according to categories in learning of chemistry on supporting materials, use laboratory equipment according to procedures, make summaries containing the core information, determine the possibilities that occur, convey ideas and ideas, convey observational data hydroponics, develop procedures for making hydroponic STEM projects, determine dangerous variables, make initial assumptions, and conduct experiments according to the procedure.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Yuli Rahmawati, M.Sc. Ph.D. 2) Dr. Setia Budi, M.Sc.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 19803 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2023 01:06
Last Modified: 11 Sep 2023 01:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41939

Actions (login required)

View Item View Item