HUBUNGAN KECERDASAN LINGUISTIK DENGAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN KEBON JERUK JAKARTA BARAT

DEBBY LISTIANA FITRIANINGRUM, . (2023) HUBUNGAN KECERDASAN LINGUISTIK DENGAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN KEBON JERUK JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan linguistik dengan keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas III SD di Kelurahan Kebon Jeruk, Jakarta Barat dengan menggunakan teknik pengambilan sampel Simple Random Sampling dengan jumlah 100 siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik korelasional. Teknik pengambilan data menggunakan tes yang dianalisis menggunakan uji-t. Menurut hasil perhitungan menunjukkan bahwa kecerdasan linguistik dan keterampilan menulis cerita pendek memiliki hubungan positif yang ditunjukkan dengan, t_hitung = 4,1921 > 1,9842 = t_tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan linguistik dapat dijadikan sebagai upaya yang dapat membantu meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek. ***** This study aims to determine the relationship between linguistic intelligence and short story writing skills of grade III elementary school students in Kebon Jeruk Village, West Jakarta by using Simple Random Sampling technique with a total of 100 students. The method used in this research is quantitative with correlational techniques. The data collection technique used tests which were analyzed using the t-test. According to the calculation results show that linguistic intelligence and short story writing skills have a positive relationship as shown by, t_count = 4,1921 > 1,9842 = t_table.. The results showed that linguistic intelligence can be used as an effort that can help improve short story writing skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Gusti Yarmi, M.Pd.; 2). Drs. Dudung Amir Soleh, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 20349 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2023 00:55
Last Modified: 12 Sep 2023 00:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41971

Actions (login required)

View Item View Item