PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN PPKn UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEKSPLORASI DAN MEMECAHKAN MASALAH PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

DEVI FEBRIYANTI CRISTIN HUTAGAOL, . (2023) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN PPKn UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEKSPLORASI DAN MEMECAHKAN MASALAH PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (771kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB 2..pdf
Restricted to Registered users only

Download (911kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (866kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB)
[img] Text
LAMPIRAN..pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi media pembelajaran komik digital berbasis discovery learning pada pembelajaran PPKn kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode RnD (Research and development) yang menggunakan model Hannafin and Peck yang terdiri dari tiga tahap yaitu, menganalisis kebutuhan, desain, pengembangan dan implementasi. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Karet 04 Pagi sebanyak 26 orang. Hasil penelitian dari ketiga ahli mendapatkan skor rata-rata 87.33% yang dikategorikan sangat baik. Hasil uji coba kepada peserta didik yaitu one-to-one 83,33% dengan kategori sangat baik, small group 90,27% dengan kategori sangat baik, field test 84,30% dengan kategori sangat baik, tingkat kepraktisan 86,75% dan tingkat keefektifan 68,5% dengan kategori efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran komik digital berbasis discovery kearning pada pembelajaran PPKn kelas IV sekolah dasar dikategorikan sangat layak dan efektif digunakan. ***** This study aims to produce applications of digital comic learning media based on discovery learning in fourth grade elementary school civics learning. This research uses the RnD (Research and development) method which uses the Hannafin and Peck model which consists of three stages, namely analyzing needs, design, development and implementation. The sample in this study were 26 class IV students at SDN Karet 04 Pagi. The results of the research from the three experts obtained an average score of 87.33% which was categorized as very good. The test results for students were one-to-one 83.33% in very good category, small group 90.27% in very good category, field test 84.30% in very good category, practicality level 86.75% and effectiveness rate of 68.5% with the effective category. The results of the study showed that digital comic learning media based on discovery learning in civic education learning in grade IV elementary schools was categorized as very feasible and effective for use.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Otib Satibi Hidayat, M. Pd; 2). Prof. Dr. Ir. Arita Marini, M. E
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 18715 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2023 23:26
Last Modified: 10 Sep 2023 23:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41977

Actions (login required)

View Item View Item