PENGEMBANGAN SELF-HELP WEBSITE BERBASIS COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENGATASI KECEMASAN SISWA SMK

SUCI AZIZIAH, . (2023) PENGEMBANGAN SELF-HELP WEBSITE BERBASIS COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENGATASI KECEMASAN SISWA SMK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (322kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Self-Help Web-based Cognitive Restructuring sebagai upaya mengatasi kecemasan siswa SMK. Penelitian ini menggunakan metode DBR (Design Based Research) yang dikemukakan oleh McKenney dan Reeves tahun 2018 meliputi tiga tahapan, yaitu: analisis – eksplorasi, desain – konstruksi, dan evaluasi – refleksi. Pada tahap pertama dilakukan studi pendahuluan diperoleh data dari hasil observasi, instrumen kecemasan dan angket kebutuhan media. Random sampling yang digunakan untuk mengumpulkan data pada 170 siswa SMK di Jakarta. Instrumen kecemasan yang digunakan yaitu Hamilton Anxiety Rating Score (HARS) dan angket kebutuhan media self-help website. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kecemasan siswa yaitu ringan (17 dari total skor 56). Secara keseluruhan 25,3% memiliki kecemasan ringan, 20% memiliki tingkat kecemasan sedang, 8,23% memiliki tingkat kecemasan berat. Sebesar 57,3% bersedia untuk menggunakan self-help website untuk mengatasi kecemasan. Tahap kedua dilakukan pengembangan Self-Help Web-based Cognitive Restructuring yang terdiri dari delapan menu, yaitu beranda, informasi kecemasan, pre test, tahapan CR, post test, kontak, tentang kami, dan Frequently Asked Questions (FAQ). Tahap tiga, dilakukan evaluasi oleh validator ahli media sebesar 85% dengan kategori sangat layak dan uji materi sebesar 72,7% dengan kategori layak. Hasil akhir dari penelitian ini adalah media Self-Help Website berbasis Cognitive Restructuring sebagai upaya dalam mengatasi kecemasan siswa SMK. ***** This study aims to develop Self-Help Web-based Cognitive Restructuring as an effort to overcome the anxiety of vocational students. This research uses the DBR (Design Based Research) method proposed by McKenney and Reeves in 2018 covering three stages, namely: analysis – exploration, design – construction, and evaluation – reflection. In the first stage, preliminary studies obtained data from observations, anxiety instruments and media needs questionnaires. Random sampling was used to collect data on 170 vocational school students in Jakarta. The anxiety instruments used are the Hamilton Anxiety Rating Score (HARS) and the self-help website media needs questionnaire. The results showed that the students' anxiety level was mild (17 out of a total score of 56). Overall 25.3% had mild anxiety, 20% had moderate anxiety levels, 8.23% had severe anxiety levels. 57.3% are willing to use self-help websites to overcome anxiety. The second stage is the development of Self-Help Web-based Cognitive Restructuring which consists of eight menus, namely homepage, anxiety information, pre test, CR stage, post test, contact, about us, and Frequently Asked Questions (FAQ). Stage three, an evaluation was carried out by media expert validators of 85% with a very feasible category and a material test of 72.7% with a feasible category. The final result of this study is a Self-Help Website media based on Cognitive Restructuring as an effort to overcome the anxiety of vocational students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Wening Cahyawulan, M.Pd. ; 2). Dr. Wirda Hanim, M.Psi.
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Users 20328 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2023 23:42
Last Modified: 10 Sep 2023 23:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42003

Actions (login required)

View Item View Item