PERBEDAAN KOMPETENSI PENGETAHUAN DAN KESADARAN KONSELING MULTIBUDAYA PADA MAHASISWA CALON GURU BIMBINGAN DAN KONSELING

KARTIKA ICHTIARA FITRIANI, . (2023) PERBEDAAN KOMPETENSI PENGETAHUAN DAN KESADARAN KONSELING MULTIBUDAYA PADA MAHASISWA CALON GURU BIMBINGAN DAN KONSELING. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (978kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (305kB)
[img] Text
LAMPIRAN (9)-dikompresi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Sebagai calon guru bimbingan dan konseling akan selalu dihadapkan dengan siswa yang memiliki latar belakang yang beragam secara budaya. Salah satu faktor yang mempengaruhi kompetensi pengetahuan dan kesadaran konseling multibudaya yaitu kemampuan intelektual atau kualitas pendidikan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan dua diantara contoh faktor yang mempengaruhi kompetensi pengetahuan dan kesadaran konseling multibudaya yaitu melalui perkuliahan konseling multibudaya dan pembelajaran eksperiensial (Praktik Keterampilan Mengajar/PKM) pada mahasiswa yang telah mengikuti mata kuliah konseling multibudaya dan mahasiswa yang telah mengikuti praktik keterampilan mengajar (PKM). Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode komparatif dan menggunakan instrumen skala pengetahuan dan kesadaran konseling multibudaya sebanyak 32 item pernyataan dengan 7 poin skala likert. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling yang berhasil mendapatkan partisipan sebanyak 153 mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling angkatan tahun 2016-2020. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kompetensi pengetahuan dan kesadaran konseling multibudaya pada mahasiswa calon guru bimbingan dan konseling yang telah mengikuti mata kuliah konseling multibudaya dengan yang telah mengikuti praktik keterampilan mengajar (PKM) berada pada kategori sedang dengan nilai mean 159,99, artinya responden telah cukup memiliki pengetahuan akan kesadaran konseling multibudaya. Dari hasil Uji beda dengan Mann-Whitney U terdapat perbedaan nilai yang signifikan (nilai p 0,000 < 0,005). Implikasi penelitian ini dapat menjangkau pengetahuan ke program non-akademik terlepas dari potensi, preferensi atau ambisi siswa minoritas dan guru BK dapat menerima bahwa tidak semua siswa harus memandang diri mereka sebagai penanggung jawab utama hidup mereka. ***** As a prospective guidance and counseling teacher, you will always be faced with counselees who have culturally diverse backgrounds. One of the factors that influence the competence of knowledge and awareness of multicultural counseling is intellectual ability or the quality of education. Therefore, this study aims to look at the differences between the two examples of factors that influence the competence of knowledge and awareness of multicultural counseling through multicultural counseling lectures and experiential learning (Teaching Skills Practice / PKM)) in students who have attended its courses and students who have participated in teaching skills practice (PKM). Uses a quantitative approach with a comparative method and uses a scale of knowledge and awareness of multicultural counseling. It has 32 statement items with 7 points on a likert scale. Sampling used the Proportionate Stratified Random Sampling technique which succeeded in getting 153 students of the Guidance and Counseling Study Program participants from 2016 to 2020. The result of this study indicates that the competence of knowledge and multicultural counseling awareness in students of prospective guidance and counseling teachers who have taken multicultural counseling courses and those who have participated in teaching skills practice (PKM) are in the medium category with a mean value of 159.99, that respondents have sufficient knowledge of multicultural counseling awareness. From the results of the Mann-Whitney U Test, there is a significant difference in values (p value 0.000 <0.005). The implications of this research can reach knowledge into non-academic programs regardless of the potential, preferences or ambitions of minority students and counseling teachers can accept that not all student have to see themselves as the main person in charge of their lives.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Herdi, M.Pd.; 2). Prof. Dr. Dede Rahmat Hidayat, M.Psi.
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Users 20385 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2023 00:04
Last Modified: 11 Sep 2023 00:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42020

Actions (login required)

View Item View Item