MEGA PUSPA WARDHANI, . (2023) ANALISIS BUKU SAKU MENULIS PERMULAAN SEBAGAI BAHAN AJAR SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR (Penelitian pada Mahasiswa Semester XIV Tahun Akademik 2022/2023 Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (794kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (291kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (748kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (243kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Buku saku menulis permulaan merupakan salah satu bahan ajar yang sederhana yang efektif untuk menarik minat menulis siswa Sekolah Dasa. Buku saku menulis permulaan sangat sesuai degan karakteristik siswa SD kelas 1 yang masih ingin belajar sambil bermain. Penelitian ini adalah penelitian studi literatur yang memiliki tujuan untuk memahami buku saku menulis permulaan sebagai bahan ajar siswa sekolah dasar. Database yang digunakan adalah google scholar. Waktu yang digunakan peneliti untuk penelitian ini dilaksanakan bulan Juni - Agustus 2023. Terdapat 14 jurnal yang membahas tentang buku saku menulis permulaan sebagai bahan ajar siswa sekolah dasar. Semua jurnal tersebut adalah jurnal nasional yang dilakukan pencarian di portal Google Scholar dengan mengetikkan kata kunci yang kemudian dianalisis menggunakan analisis critical appraisal untuk menganalisis dari inti jurnal, hingga mengetahui persamaan dan perbedaan dari jurnal-jurnal tersebut. Berdasarkan Literature Review dari 14 jurnal dapat diambil kesimpulan bahwa bahwa kegunaan buku saku menulis permulaan sangat penting sebagai bahan ajar siswa kelas rendah khususnya siswa kelas I sekolah dasar. ***** The commencement writing pocket book is one of the simple teaching materials that is effective to attract the writing interest of Sekolah Dasa students. The starting writing pocket book is very suitable with the characteristics of grade 1 elementary students who still want to learn while playing. This research is a literature study research that aims to understand the beginning writing pocketbook as teaching material for elementary school students. The database used is google scholar. The time used by researchers for this study was carried out from June to August 2023. There are 14 journals that discuss the beginning writing pocketbook as teaching material for elementary school students. All of these journals are national journals that are searched on the Google Scholar portal by typing keywords which are then analyzed using critical appraisal analysis to analyze from the core of the journal, to find out the similarities and differences of these journals. Based on the Literature Review of 14 journals, it can be concluded that the use of a pocket book for beginning writing is very important as teaching material for low-grade students, especially grade I elementary school students.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 20616 not found. |
Date Deposited: | 12 Sep 2023 00:42 |
Last Modified: | 12 Sep 2023 00:42 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42131 |
Actions (login required)
View Item |