PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFK DALAM PEMBELAJARAN PPKN KELAS V SD

DANTI AYU SYAHPUTRI, . (2023) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFK DALAM PEMBELAJARAN PPKN KELAS V SD. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I (2).pdf

Download (700kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (773kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (918kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf

Download (295kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa LKPD yang memiliki judul “LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik Materi Hak, Tanggung Jawab, dan Kewajiban Kelas V Sekolah Dasar”. Produk LKPD PPKn memiliki karakteristik khusus berbasis pendekatan saintifik sehingga penyajian materi dalam setiap kegiatan pembelajaran mengutamakan komponen-komponen pendekatan saintifik berbasis konteksual (contextual teaching and learning) dalam Pembelajaran PPKn di kelas V Sekolah Dasar. Penelitian dan pengembangan ini peneliti melibatkan guru kelas V serta peserta didik kelas V SDN 04 Ngringo dalam tahap penelitian hingga uji pelaksanaan produk penelitian. Hal tersebut dilakukan agar produk LKPD PPKn berbasis pendekatan saintifik ini dapat menjadi solusi atas permasalahan dalam mengembangkan bahan ajar yang menarik. Hasil penilaian dari para ahli ini menyatakan bahwa produk LKPD PPKn ini dapat dikategorikan sangat baik. Selain itu produk LKPD PPKn ini memiliki keunggulan dan telah dibuat dengan menarik, seperti dengan tujuan awal yaitu mengembangkan produk yang bertujuan untuk dapat memotivasi para guru agar menciptakan bahan ajar yang lebih bervariasi dan inovatif dengan mengaitkan materi ajar dengan kehidupan sehari-hari peserta didik. Di akhir penelitian ini menghasilkan Penelitian dan pengembangan ini telah menghasilkan sebuah produk LKPD PPKn Berbasis Pendekatan Saintifik Materi Hak, Tanggung Jawab, dan Kewajiban kelas V Sekolah Dasar. Berdasarkan uji coba yang dilakukan dengan para ahli maka didapatkan hasil rata-rata sebesar 91,45% sebagai persentase penilaian produk LKPD PPKn. ***** This study aims to produce a product in the form of LKPD which has the title "LKPD Based on a Scientific Approach to Class V Elementary School Rights, Responsibilities, and Obligations". LKPD PPKn products have special characteristics based on a scientific approach so that the presentation of material in each learning activity prioritizes the components of a contextual-based scientific approach (contextual teaching and learning) in PPKn Learning in grade V Elementary School. This research and development researchers involved grade V teachers and grade V students of SDN 04 Ngringo in the research stage to test the implementation of research products. This is done so that LKPD PPKn products based on this scientific approach can be a solution to problems in developing interesting teaching materials. The results of the assessment from these experts stated that this PPKn LKPD product can be categorized as very good. In addition, this LKPD PPKn product has advantages and has been made interestingly, such as with the initial goal of developing a product that aims to motivate teachers to create more varied and innovative teaching materials by linking teaching materials with students' daily lives. At the end of this research resulted in this research and development has produced a PPKn LKPD product based on a Scientific Approach to Class V Elementary School Rights, Responsibilities, and Obligations of Materials. Based on trials conducted with experts, an average result of 91.45% was obtained as a percentage of PPKn LKPD product assessment.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Linda Zakiah, M. Pd. ; 2). Dra. Rosinar Siregar, M. Pd.
Subjects: Hukum > Hak Asasi Manusia
Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 20339 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2023 00:40
Last Modified: 12 Sep 2023 00:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42141

Actions (login required)

View Item View Item