HUBUNGAN LITERASI KEUANGAN ORANGTUA DAN POLA ASUH DENGAN SOSIALISASI FINANSIAL PADA ANAK USIA DINI

DEWI NURARIFAH, . (2023) HUBUNGAN LITERASI KEUANGAN ORANGTUA DAN POLA ASUH DENGAN SOSIALISASI FINANSIAL PADA ANAK USIA DINI. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (687kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Peran literasi keuangan sangat penting, baik dalam skala makro seperti ekonomi nasional maupun dalam kehidupan pribadi. Seseorang yang memiliki literasi keuangan baik, tentu mampu untuk mengelola keuangan pribadi dengan baik yang merupakan kunci untuk mendapatkan kesejahteraan finansial. Melalui sosialisasi finansial yang diajarkan sejak masa anak-anak dapat memberi dampak yang sangat besar pada masa mereka dewasa. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana hubungan sosialisasi finansial yang diberikan oleh orangtua dengan menggunakan dua variabel utama yaitu variabel literasi finansial orangtua saat ini dan variabel pola asuh dalam perspektif pendidikan anak usia dini. Responden adalah orangtua yang memiliki anak usia 6 hingga 8 tahun di DKI Jakarta. Sebanyak 386 orangtua mengisi kuesioner secara mandiri sebagai sampel penelitian. Data dikumpulkan melalui tes literasi finansial orangtua, dan non tes berupa pernyataan pada lembar kuesioner pola asuh, dan praktik sosialisasi finansial orangtua. Analisis data dilakukan dalam beberapa tahap. Pertama, dilakukan analisis deskriptif untuk mendapatkan gambaran profil responden. Kedua, dilakukan analisis hubungan secara terpisah antara literasi finansial orangtua dan pola asuh dengan sosialisasi finansial menggunakan analisis regresi sederhana. Kemudian pada tahap akhir, dilakukan pengujian hipotesis ketiga dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara literasi finansial orangtua dengan sosialisasi finansial sebesar 0,563. Selanjutnya, terdapat hubungan positif dan signifikan antara pola asuh orangtua dengan sosialisasi finansial sebesar 0,381. Terakhir, literasi finansial orangtua dan pola asuh memiliki hubungan positif secara simultan dan signifikan dengan sosialisasi finansial yang diberikan kepada anak-anak usia dini sebesar 39,4%. Kata Kunci: Literasi Keuangan, Pola Asuh, Sosialisasi Finansial. The role of financial literacy is very important, both on a macro scale such as the national economy and in personal life. Someone who has good financial literacy is certainly able to manage personal finances well, which is the key to achieving financial well-being. Through financial socialization taught from childhood, it can have a huge impact on their adulthood. This research aims to understand the relationship between financial socialization provided by parents using two main variables, namely the parent's current financial literacy variable and the parenting style variable from an early childhood education perspective. Respondents are parents who have children aged 6 to 8 years in DKI Jakarta. A total of 386 parents filled out the questionnaire independently as the research sample. Data was collected through parents' financial literacy tests, and non-tests in the form of statements on the parenting style questionnaire sheet, and parents' financial socialization practices. Data analysis was carried out in several stages. First, a descriptive analysis was carried out to get an overview of the respondent's profile. Second, a separate analysis of the relationship between parental financial literacy and parenting styles on financial socialization was carried out using simple regression analysis. Then in the final stage, the third hypothesis was tested using multiple regression analysis. The results of the analysis show that there is a positive and significant relationship between parental financial literacy and financial socialization of 0.563. Furthermore, there is a positive and significant relationship between parenting styles and financial socialization of 0.381. Finally, parental financial literacy and parenting style have a simultaneous and significant positive relationship with financial socialization provided to early childhood by 39.4%. Keywords: Financial Literacy, Parenting Style, Financial Socialization.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1. Prof. Dr. Yufiarti, M.Psi 2. Dr. Nurbiana Dhieni, M.Psi
Subjects: Ilmu Sosial > Keuangan
Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 20622 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2023 01:28
Last Modified: 12 Sep 2023 01:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42161

Actions (login required)

View Item View Item