FITRILIA NURTAMARA, . (2023) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MEDIASI SISWA KELAS XI SMKN 48 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (850kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (215kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (392kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (635kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (199kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar dengan Motivasi Belajar sebagai variabel mediasi pada siswa kelas XI SMKN 48 jakarta. Populasi pada penelitian ini berjumlah 286 siswa kelas XI SMKN 48 Jakarta. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan instrumen penelitian dengan metode kuantitatif dengan total 167 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dengan random sampling. Penelitian dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Lingkungan Belajar memiliki pengaruh langsung yang positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar; 2) Lingkungan Belajar memiliki pengaruh langsung yang positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar; 3) Tidak terdapat pengaruh tidak langsung antara Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar melalui Motivasi Belajar. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini dapat dikatakan sedikit, sehingga masih dapat ditambah dengan variabel lain seperti minat, disiplin, metode pembelajaran, dan fasilitas belajar. Sampel pada penelitian ini juga dapat dikatakan belum bisa mewakili keseluruhan siswa SMKN 48 Jakarta karena hanya meneliti pada kelas XI. Kata kunci: Lingkungan Belajar, Prestasi Belajar, Motivasi Belajar ********* This study aims to determine the effect of Learning Environment on Learning Achievement with Learning Motivation as a mediating variable in class XI students of SMKN 48 Jakarta. The population in this study amounted to 286 grade XI students of SMKN 48 Jakarta. In this study, researchers used research instruments with quantitative methods with a total of 167 respondents. Data collection was carried out by distributing questionnaires with random sampling. The research was conducted using SPSS version 25. The results of this study indicate that 1) Learning Environment has a positive and significant direct influence on Learning Motivation; 2) Learning Environment has a positive and significant direct influence on Learning Achievement; 3) There is no indirect effect between Learning Environment and Learning Achievement through Learning Motivation. The variables used in this study can be said to be few, so it can still be added with other variables such as interest, discipline, learning methods, and learning facilities. The sample in this study can also be said not to represent all students of SMKN 48 Jakarta because it only examines class XI. Keywords: Learning Environment, Learning Achievement, Learning Motivation
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Ati Sumiati, S.Pd.,M.Si. ; 2). Santi Susanti, S.Pd.,M.Ak. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Users 20610 not found. |
Date Deposited: | 12 Sep 2023 01:22 |
Last Modified: | 12 Sep 2023 01:22 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42169 |
Actions (login required)
View Item |