KESANTUNAN BERBAHASA PADA GIM GENSHIN IMPACT

MUHAMMAD BAGAS ILHAMI, . (2023) KESANTUNAN BERBAHASA PADA GIM GENSHIN IMPACT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (305kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan pematuhan bidal kesantunan berbahasa yang terdapat pada gim Genshin Impact, dan (2) menjelaskan pelanggaran bidal kesantunan berbahasa yang terdapat pada gim Genshin Impact. Masalah yang diteliti adalah bagaimana bentuk pematuhan dan pelanggaran kesantunan berbahasa yang ada pada gim Genshin Impact menggunakan teori Leech. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa baca dan catat. Teknik analisis data pada penelitian ini dimulai dari peneliti mengumpulkan semua tuturan para tokoh yang ada dalam gim Genshin Impact beserta konteks-konteks dalam semua tuturan, membaca dan menggolongkan data-data tuturan yang telah diperoleh sesuai dengan jenis-jenis tuturan, pemberian makna atau pemaknaan atas temuan-temuan dalam penelitian ini, memaparkan dan menjelaskan hasil kajian yang telah dilakukan berdasarkan kajian ilmu pragmatik yang mengacu pada tuturan beserta maksudnya dan konteks tuturan itu sendiri, analisis, dan membuat kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu ditemukannya 50 data yang terbagi menjadi 34 data pematuhan bidal kesantunan dan 16 data pelanggaran bidal kesantunan. ***** This study aims to (1) explain the compliance of language politeness thimbles contained in the Genshin Impact game, and (2) explain the violation of language politeness thimbles contained in the Genshin Impact game. The problem studied is how the form of compliance and violation of language politeness in the game Genshin Impact using Leech's theory. The method used in this research is descriptive qualitative method with data collection techniques in the form of reading and recording. The data analysis technique in this research starts from the researcher collecting all the speeches of the characters in the game Genshin Impact along with the contexts in all the speeches, reading and classifying the speech data that has been obtained according to the types of speeches, giving meaning or meaning to the findings in this research, describing and explaining the results of the studies that have been carried out based on the study of pragmatics which refers to the speech and its meaning and the context of the speech itself, analyzing, and making conclusions. The result of this research is 50 data which is divided into 34 data of politeness thimble compliance and 16 data of politeness thimble violation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Asep Supriyana, S.S., M.Pd. ; 2). Sigit Widiatmoko, S.S., M.Hum.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Linguistik
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Sastra Indonesia
Depositing User: Users 20244 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2023 02:57
Last Modified: 13 Sep 2023 02:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42284

Actions (login required)

View Item View Item