PENGARUH TANGGUNG JAWAB PRIBADI DAN PENGETAHUAN MAHASISWA TENTANG KONSEP ENERGI TERHADAP PERILAKU HEMAT ENERGI (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta)

AZMI AL BAHIJ, . (2023) PENGARUH TANGGUNG JAWAB PRIBADI DAN PENGETAHUAN MAHASISWA TENTANG KONSEP ENERGI TERHADAP PERILAKU HEMAT ENERGI (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER PDF.pdf

Download (738kB)
[img] Text
BAB I PDF.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB II PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (817kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA PDF.pdf

Download (453kB)
[img] Text
LAMPIRAN PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (869kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh tanggung jawab pribadi dan pengetahuan tentang konsep-konsep energi terhadap perilaku hemat energi mahasiswa. Metode penelitian penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode survey dengan Teknik expost facto dan desain 2x2 factorial. Penelitian ini melibatkan 402 responden mahasiswa PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) terdapat perbedaan yang tidak signifikan perilaku hemat energi mahasiswa yang memiliki tanggung jawab pribadi kuat dibandingkan dengan mereka yang memiliki tanggung jawab pribadi lemah. Temuan ini membuktikan bahwa tanggung jawab pribadi mahasiswa berpengaruh namun tidak signifikan terhadap perilaku hemat energi mahasiswa. (ii) Terdapat perbedaan yang tidak signifikan perilaku hemat energi mahasiswa antara kelompok mahasiswa yang memiliki pengetahuan tentang konsep-konsep energi tinggi dengan mahasiswa berpengetahuan rendah, namun temuan ini terjadi secara by chance (kebetulan), sehingga pengaruhnya, pada saat ini dapat diabaikan. (iii)Terdapat pengaruh interaksi antara tanggung jawab pribadi mahasiswa dan pengetahuan mahasiswa tentang konsep-konsep hemat energi mahasiswa, namun pengaruhnya juga karena kebetulan. (iv) Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa perilaku hemat energi mahasiswa dipengaruhi oleh tanggung jawab pribadi tanpa perlu memperhatikan tingkat pengetahuan mahasiswa tentang konsep-konsep hemat energi terbukti pengetahuan memiliki pengaruh secara kebetulan terhadap perilaku bertanggung jawab mahasiswa. Sehingga dalam implikasi temuan-temuan penelitian tersebut, maka faktor tanggung jawab pribadi hendaknya memperoleh pertimbangan utama ketika berbicara tentang perilaku hemat energi mahasiswa, khususnya dalam partisipasi mahasiswa memberikan kontribusi tercapainya perilaku hemat energi secara masif. The purpose of this study was to determine the effect of personal responsibility and knowledge of energy concepts on students' energy saving behaviour. The research method used is quantitative research using survey method with exposé facto technique and 2x2 factorial design. This study involved 402 respondents of Primary School Teacher Education Program students, Education Faculty, Universitas Muhammadiyah Jakarta. The results showed that there were differences in the energy-saving behaviour of students who had strong personal responsibility compared to those who had weak personal responsibility. This finding proved that students' personal responsibility affects students' energy-saving behaviour. There is a difference in students' energy-saving behaviour between groups of students who have high knowledge of energy concepts and students with low knowledge, but this finding occurs by chance, so its influence can be ignored at this time. There is an interaction effect between students' personal responsibility and students' knowledge of energy-saving concepts, but the effect is also due to chance. The conclusion of this study is that students' energy-saving behaviour is influenced by personal responsibility without the need to pay attention to the level of students' knowledge of energy-saving concepts, it is proven that knowledge has a coincidental influence on students' responsible behaviour. Finally, the implication of the research findings, the personal responsibility factor should get the main consideration when talking about students' energy-saving behaviour, especially for the students' participation in contributing to the achievement of massive energy-saving behaviour.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Nadiroh, M.Pd. 2). Prof. Dr. Agung Purwanto, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Demografi, Penduduk, Ilmu Kependudukan
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Sains > Geologi
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Lingkungan
Depositing User: Users 20656 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2023 04:45
Last Modified: 13 Sep 2023 04:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42298

Actions (login required)

View Item View Item