PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL ENVI-STEAM (ENVIRONMENTAL STEAM) SEBAGAI SUMBER BELAJAR PERUBAHAN LINGKUNGAN

VIKA VIKTORIA NOVIYANTI, . (2023) PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL ENVI-STEAM (ENVIRONMENTAL STEAM) SEBAGAI SUMBER BELAJAR PERUBAHAN LINGKUNGAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (420kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB) | Request a copy
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB) | Request a copy
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (904kB) | Request a copy
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (590kB)
[img] Text
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan abad ke-21 mengajarkan siswa keterampilan dasar diantaranya kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah, keterampilan komunikasi, kemampuan bekerja sama, dan kemampuan kreativitas serta inovasi. Pendekatan STEAM menjawab tantangan keterampilan yang harus dimiliki siswa dalam menghadapi tantangan abad ke-21. Pendekatan STEAM diartikan sebagai pembelajaran yang memadukan komponen sains, teknologi, seni/ artistik, teknik, dan matematika. Hadirnya teknologi informasi dan komunikasi dapat dijadikan media pembelajaran berupa modul. Penggunaan modul yang dapat diakses dengan kecanggihan teknologi diharapkan mampu membuat siswa lebih tertarik dalam mempelajari biologi. Tujuan penelitian ini adalah mengembangakan modul Envi- STEAM perubahan pelestarian lingkungan hidup dengan pendekatan STEAM. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini digunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Tahapan model ADDIE yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian dilaksanankan pada bulan Januari 2023 sampai dengan Juli 2023. Modul Envi-STEAM yang dikembangkan diuji kelayakan pada aspek materi, media, dan bahasa oleh 2 validator ahli. Modul Envi-STEAM juga dilakukan uji coba pengguna kepada dua guru Biologi dan Siswa SMA Negeri 14 Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul Envi-STEAM yang dikembangkan memiliki rata-rata 3.10 (valid) pada aspek materi, 3.25 (valid) pada aspek media, 3.13 (valid) pada aspek bahasa, 3.58 (sangat valid) untuk uji coba peserta didik, 3.78 (sangat valid) pada uji coba guru Biologi. Modul Envi-STEAM memiliki nilai rata-rata akhir sebesar 3.37 dari nilai maksimum 4.00. Hal ini menunjukkan bahwa modul Envi-STEAM sangat valid digunakan sebagai media pembelajaran perubahan pelestarian lingkungan hidup di sekolah dan diharapakan dapat meningkatkan literasi serta kemampuan kreativitas dan inovasi siswa. ***** 21st-century education teaches students fundamental skills, including critical thinking, problem-solving, communication, teamwork, creativity, and innovation. The STEAM approach answers the skills challenges that students must face in the 21st century. The STEAM approach is learning by combining science, technology, art, engineering, and mathematics components. The presence of information and communication technology can be used as learning media in the form of modules. Using modules that can be accessed with technological sophistication is expected to make students more interested in studying biology. This research aims to develop the Envi-STEAM module for changes to environmental preservation with the STEAM approach. The research method used in this study used the Research and Development (R&D) method using the ADDIE model. The stages of the ADDIE model are analysis, design, development, implementation, and evaluation. The research was carried out from January 2023 to July 2023. Two expert validators tested The developed Envi-STEAM module for feasibility in the material, media, and language aspects. Users also tested the Envi-STEAM module on two Biology teachers and SMA Negeri 14 Jakarta students. The results showed that the developed Envi-STEAM module had an average of 3.10 (valid) on the material aspect, 3.25 (valid) on the media aspect, 3.13 (valid) on the language aspect, 3.58 (very valid) for student trials, 3.78 (very valid) on Biology teacher trials. The EnviSTEAM module has a final average score of 3.37 out of a maximum score of 4.00. this shows that the Envi-STEAM module is very valid to be used as a medium for learning changes in environmental preservation in schools and is expected to increase literacy and students' creative and innovative abilities.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Rizhal Hendi Ristanto, M.Pd. ; 2). Annisa Wulan Agus Utami, S.Si., M.Si
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Sains > Mikro Biologi > Ekologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 20540 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2023 23:55
Last Modified: 13 Sep 2023 23:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42419

Actions (login required)

View Item View Item