WUJUD BUDAYA TIONGKOK PADA BUKU TEKS PELAJARAN BAHASA MANDARIN HANYU SHUIPING KAOSHI BIAOZHUN JIAOCHENG JILID 1

SYLVIA HILDAYANTI, . (2023) WUJUD BUDAYA TIONGKOK PADA BUKU TEKS PELAJARAN BAHASA MANDARIN HANYU SHUIPING KAOSHI BIAOZHUN JIAOCHENG JILID 1. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (355kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Hal penting yang harus dikuasai untuk melakukan percakapan dengan orang lain adalah penguasaan bahasa dan pemahaman budaya yang ada dalam lingkungan masyarakat orang tersebut. Dalam kegiatan pembelajaran, bahasa dan budaya merupakan dua komponen penting yang memiliki peran untuk saling melengkapi satu sama lain, hal itu dapat dilihat dari materi ajar yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran bahasa sarat yang akan nilai-nilai sosial-budaya dari para penutur aslinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud budaya pada teks bacaan yang terdapat dalam buku teks pelajaran bahasa Mandarin 《HSK标准教程1》HSK Biaozhun Jiaocheng 1. Buku teks pelajaran bahasa Mandarin 《HSK标准教程》HSK Biaozhun Jiaocheng 1 merupakan buku ajar yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Mandarin bagi pemelajar tingkat dasar atau pemula yang disusun oleh Confusius Institute Heartquartes (Hanban) dan diterbitkan oleh Beijing Language and Culture University Press dan Chinese Test International (CTI) di Tiongkok. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi berupa kegiatan membaca dan mencatat. Berdasarkan hasil penelitian terhadap 45 teks bacaan yang terdapat pada buku teks pelajaran bahasa Mandarin 《HSK标准教程1》HSK Biaozhun Jiaocheng 1, ditemukan bahwa terdapat 65 wujud budaya ide, 57 wujud budaya aktivitas, dan 63 wujud budaya fisik dalam teks bacaan pada buku teks pelajaran bahasa Mandarin 《HSK标准教程1》HSK Biaozhun Jiaocheng 1. Sehingga dapat dikatakan bahwa seluruh teks bacaan pada buku teks pelajaran bahasa Mandarin 《HSK标准教程1》HSK Biaozhun Jiaocheng 1 mengandung wujud budaya Tiongkok. The essential skills to master for engaging in conversations with others are language proficiency and an understanding of the culture within the community of those individuals. In the context of learning activities, language and culture are two vital components that complement each other. This can be observed in the instructional materials used in language learning, which are rich in socio-cultural values from native speakers. This research aims to describe Chinese culture in the reading texts found in the Mandarin language textbook 《HSK标准教程1》HSK Biaozhun Jiaocheng 1. The textbook 《HSK标准教程1》HSK Biaozhun Jiaocheng 1 is an instructional book used in Mandarin language education for beginners and is developed by the Confucius Institute Headquarters (Hanban) and published by Beijing Language and Culture University Press and Chinese Test International (CTI) in China. The research methodology employed in this study is qualitative descriptive. Data collection was conducted through documentation techniques, including reading and note-taking. Based on the research results of the 45 reading texts in the Mandarin language textbook 《HSK标准教程1》HSK Biaozhun Jiaocheng 1, it was found that there are 65 cultural ideas, 57 cultural activities, and 63 cultural physicals in the reading texts of the textbook 《HSK标准教程1》HSK Biaozhun Jiaocheng 1. It can be said that all the reading texts in the Mandarin language textbook 《HSK标准教程1》HSK Biaozhun Jiaocheng 1 contain Chinese culture.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Rendy Aditya, B.TCFL., M.Pd. 2) Vanya Zelia, S.S., M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Mandarin
Geografi, Antropologi > Budaya, Adat Istiadat
Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 20192 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2023 01:14
Last Modified: 20 Sep 2023 01:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42641

Actions (login required)

View Item View Item