PENGGUNAAN VIDEO GROWING UP WITH CHINESE UNTUK PEMBELAJARAN KATA KETERAMPILAN MENYIMAK DASAR I DAN II

ANASTASIA TIALITA BENITA, . (2023) PENGGUNAAN VIDEO GROWING UP WITH CHINESE UNTUK PEMBELAJARAN KATA KETERAMPILAN MENYIMAK DASAR I DAN II. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (648kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (790kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (597kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu keterampilan bahasa yang menjadi dasar untuk menguasai suatu bahasa adalah keterampilan menyimak. Setiap kata pada simakan harus dipahami agar dapat memahami pesan yang disampaikan. Pemahaman kata dalam keterampilan menyimak dapat diberikan materi tambahan untuk menunjang pemahaman pemelajar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) Pertimbangan pengajar dalam memilih materi tambahan video Growing Up with Chinese untuk pembelajaran kata keterampilan menyimak dasar. (2) Pandangan pemelajar terkait kesesuaian materi tambahan video Growing Up with Chinese untuk pembelajaran kata keterampilan menyimak dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner. Objek penelitian dilakukan kepada pemelajar keterampilan menyimak dasar I dan II semester 117 dan 118 tahun 2022 dan 2023. Jumlah responden pada penelitian ini adalah 1 pengampu keterampilan menyimak dan 18 pemelajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertimbangan pengajar dalam memilih materi tambahan video Growing Up with Chinese memiliki kesesuaian dengan materi yang diajarkan pada buku 汉语听力教程 Hànyǔ tīnglì jiàochéng, selain itu dialog bahasa Mandarin dan penjelasan kata dalam video cukup sederhana bagi pemelajar menyimak dasar, pemelajar dapat mencapai tujuan pembelajaran serta dapat memperkuat pemahaman kata yang sudah ada di buku dengan visualisasi dalam video Growing Up with Chinese. Pandangan pemelajar terkait materi tambahan video Growing Up with Chinese adalah deskripsi penggunaan kata oleh pewara mudah dipahami, penggunaan takarir dalam dialog berbahasa Mandarin pada video dapat membantu pemelajar memahami isi yang disampaikan. Penggunaan takarir dengan terjemahan bahasa Mandarin lebih mudah dibandingkan takarir dengan terjemahan bahasa Inggris. Pemaparan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi pihak terkait dalam memilih materi tambahan video Growing Up with Chinese. ***** One of the language skills that is the basic for mastering a language is listening skill. Every word in the listening must be understood in order to understand the message being conveyed. Understanding words in listening skills can be provided with additional material to support student understanding. The purpose of this research is to describe (1) the teacher's considerations in choosing the additional video material Growing Up with Chinese for word learning basic listening skills. (2) The views of students regarding the suitability of the Growing Up with Chinese video additional material for word learning basic listening skills. This research uses descriptive qualitative method. Data collection techniques using interview and questionnaire. The object of the research was carried out to students of basic listening skills I and II in 2022 and 2023. The respondents were 1 teacher of listening skills and 18 students. The results of the study show that the teacher's considerations in choosing additional material for the Growing Up with Chinese video are compatible with the material taught in the book 汉语听力教程 Hànyǔ tīnglì jiàochéng, besides that the Chinese dialogue and word explanations in the video are quite simple for basic listening students, students can achieve learning objectives and can strengthen understanding of words that are already in the book with visualization in the Growing Up with Chinese video. The views of students regarding the additional material for the Growing Up with Chinese video are that the description of the use of words by the presenter is easy to understand, the use of subtitles in the Chinese dialogue in the video, can help students understand the content conveyed. Using subtitle with Chinese translations is easier than subtitle with English translations. The presentation of the results of this research is expected to be input for related parties in selecting additional material for the Growing Up with Chinese video.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Sheyla Silvia Siregar, S.S, M.Si ; 2). Rizky Wardhani, S.S., M.Pd., M.TCSOL
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Mandarin
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 20322 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2023 05:54
Last Modified: 18 Sep 2023 05:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42654

Actions (login required)

View Item View Item