PENGEMBANGAN PROGRAM LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MEMBANGUN CITRA TUBUH YANG POSITIF MELALUI LITERASI MEDIA PADA REMAJA

IZEBELLE ANGELA ROSSABETH SITOMPUL, . (2023) PENGEMBANGAN PROGRAM LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MEMBANGUN CITRA TUBUH YANG POSITIF MELALUI LITERASI MEDIA PADA REMAJA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (582kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (111kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan program layanan bimbingan klasikal untuk membangun citra tubuh yang positif pada remaja melalui literasi media. Model pengembangan yang digunakan, Design-Based Research (DBR) oleh McKenney dan Reeves (2012) yang terdiri dari tiga tahapan proses penelitian yaitu: (1) analisis dan eksplorasi, (2) desain dan konstruksi, dan (3) evaluasi dan refleksi. Dalam memperoleh hasil data penelitian, tahap pertama dilakukan observasi dan menyebarkan angket menggunakan instrumen citra tubuh Multidemensional Body Self Relation Questionnaire-Appearance Scale (MBSRQ-AS) oleh Thomas F. Cash (2018). Hasil penelitian menunjukkan dari total 139 siswa SMA, 1% siswa merasa sangat tidak puas dengan tubuhnya, 24% siswa tidak puas dengan tubuhnya, 74% siswa puas dengan tubuhnya dan 1% siswa sangat puas dengan tubuhnya. Tahap kedua membuat rancangan Pengembangan Program Layanan Bimbingan Klasikal untuk Membangun Citra Tubuh yang Positif melalui Literasi Media pada Remaja yang berisi panduan bagi guru BK, landasan pembuatan program, sistem penyampaian, sistem manajamen (Action Plan dan Rencana Pelaksanaan Layanan), pertanggung jawaban, dan penutup. Tahap ketiga adalah menguji materi bersama dosen uji ahli dan guru BK pada jenjang SMA untuk uji pengguna. Program yang dikembangkan ini dinyatakan layak setelah melewati tahap uji ahli materi yaitu dengan skor 71,5% (Layak) dan uji pengguna dengan skor 84,4% (Sangat Layak) untuk digunakan oleh Guru BK. Maka rancangan pengembangan program layanan bimbingan klasikal untuk membangun citra tubuh yang positif melalui literasi media pada remaja dianggap sangat layak untuk diuji coba, sehingga implikasinya dapat menjadi pilihan dalam pencegahan dan penanganan yang mempengaruhi tugas perkembangan siswa untuk penerimaan diri dan lingkungan sosial. ***** This study aims to develop a classroom guidance service program to promote a positive body image among teenagers through media literacy. The developmental model employed is Design-Based Research (DBR) by McKenney and Reeves (2012), consisting of three stages of research: (1) analysis and exploration, (2) design and construction, and (3) evaluation and reflection. In acquiring research data, first, involved observation and distribution of a questionnaire using the Multidimensional Body-Self Relations Questionnaire-Appearance Scale (MBSRQ-AS) (Thomas F. Cash, 2018). The research results indicated that out of a total of 139 high school students, 1% felt very dissatisfied, 24% were dissatisfied, 74% were satisfied, and 1% were very satisfied. Second, involved the creation of a design for the Development of a Classroom Guidance Service Program to Promote Positive Body Image through Media Literacy among Adolescents. This design included guidelines for school counselors, the foundation for program creation, delivery systems, management systems, accountability, and conclusion. Third, entailed testing the material with expert reviewers and school counselors for user testing. The developed program was deemed appropriate after passing the expert material review stage with a score of 71.5% (Appropriate) and the user testing with a score of 84.4% (Very Appropriate). Therefore, the design for the development of a classroom guidance service program to promote a positive body image among teenagers through media literacy is considered highly suitable for experimentation. As a result, it could be an option in prevention and intervention efforts that influence students' self-acceptance and social for their developmental tasks.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Susi Fitri, M.Si., Kons. ; 2). Dr. Happy Karlina Marjo, M.Pd., Kons.
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Users 20276 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2023 06:12
Last Modified: 24 Jan 2024 23:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42783

Actions (login required)

View Item View Item