PENGEMBANGAN GAME EDUKATIF PADA PEMBELAJARAN IPA "SIFAT-SIFAT CAHAYA DAN KETERKAITANNYA DENGAN INDERA PENGLIHATAN" UNTUK KELAS IV SDIT

NURUL AZKIYA, . (2023) PENGEMBANGAN GAME EDUKATIF PADA PEMBELAJARAN IPA "SIFAT-SIFAT CAHAYA DAN KETERKAITANNYA DENGAN INDERA PENGLIHATAN" UNTUK KELAS IV SDIT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (923kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (251kB)
[img] Text
LAMPIRAN (12)_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan produk game edukatif untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas IV di SDIT Al-Hamra mengenai sifat-sifat ahaya dan keterkaitannya dengan Indera penglihatan. Metode penelitian yang digunakan mengacu ke dalam metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan DDD-E (Decide, Design, Develop, and Evaluate). Hasil Penelitian berupa produk game digital yang dapat dimanfaatkan oleh siswa baik di dalam sekolah maupun di rumah. Evaluasi formatif pada penelitian pengembangan ini dilakukan melalui uji ahli atau expert review yang melibatkan 1 orang ahli media, 1 orang ahli desain pembelajaran, dan 1 orang ahli materi. Nilai yang diperoleh dari ahli materi adalah 96,7% yang termasuk kategori sangat baik, dari ahli desain pembelajaran memperoleh 89,7% yang termasuk kategori sangat baik, dan dari ahli media memperoleh 79% yang termasuk kategori sangat baik. Untuk uji coba one to one diperoleh 94% yang termasuk kategori sangat. Untuk uji coba small group 100%. Untuk uji coba pengguna mendapatkan nilai rata-rata pre-test 54 dan nilai rata-rata post-test 81. Untuk uji coba keefektivitas memperoleh nilai 59% dengan kategori cukup efektif. Hasil penilaian ini digunakan untuk meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan agar dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin****This development research aims to develop educational game products for class IV Natural Sciences (IPA) subjects at SDIT Al-Hamra concerning the properties of Light and its relation to the Sense of sight. The research method used refers to the research and development method with the DDD-E development model (Decide, Design, Develop, and Evaluate). The research results are in the form of digital game products that can be utilized by student at school and at home. Formative evaluation in this development research was carried out through an expert test or expert review involving 1 media expert, 1 instructional design expert, and 1 material expert. The score obtained from material experts was 96.7% which was in the very good category, from learning design experts it was 89.7% which was in the very good category, and from media experts it was 79% which was in the very good category. For the one-to-one trial, 94% was obtained which was in the very category. For the small group trial 100%. For trials, users get an average pre-test score of 54 and an average post-test score of 81 For the effectiveness trial, it obtained a value of 59% in the quite effective category. The results of this assessment are used to improve the quality of the products produced so that they can be utilized as optimally as possible.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Mulyadi, M.Pd; 2). Drs Zuhdy HS, M.Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum)
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 19664 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2023 04:57
Last Modified: 20 Sep 2023 04:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42797

Actions (login required)

View Item View Item